Adadimalang.com

The Art of News

banner 728x90

Desa binaan berhasil bertransformasi membuat peneliti datangi Kampung 3G

Desa binaan berhasil bertransformasi membuat peneliti datangi Kampung 3G

Kota Malang – Keberhasilan Kampung Glintung Go Green (Kampung 3G) di RW 23 Purwantoro kota Malang rupanya benar-benar menginspirasi banyak daerah untuk mengikuti keberhasilannya.

Salah satu daerah yang terinspirasi dan berhasil melakukan transformasi dari Kampung yang kumuh menjadi kampung yang asri adalah daerah Gerendeng Pulo yang ada di wilayah Tangerang. Grendeng Pulo berhasil menjadi Juara III lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang dilaksanakan di wilayah Tangerang dan kemudian mewakili Tangerang untuk dilombakan di tingkat Propinsi.

Keberhasilan Gerendeng Pulo yang kumuh berhasil menjadi kampung yang bersih dan asri dalam waktu enam bulan saja membuat peneliti budaya dan multi kultural Williams Kwan HL datang berkunjung ke Kampung Glintung Go Green siang hari ini, Jumat (24/08).

Kedatangan peneliti Williams Kwan HL ke Kampung Glintung Go Green bersamaan dengan perwakilan Puslutbang Kementerian Pertanian dan siswa SMKN 12 kota Malang yang melakukan kunjungan ke Kampung Glintung Go Green untuk mendapatkan pengetahuan tentang biopori dan Gerakan Menabung Air yang dilaksanaan oleh Kampung Glintung Go Green selama ini.

“Jadi saya datang ke kampung Glintung Go Green ini setelah saya datang ke kampung Gerendeng Pulo yang ternyata keberhasilannya itu terinspirasi dari Kampung Glintung Go Green ini dengan ilmu dan materi yang diberikan oleh pak bambang Irianto di sana,” ujar Williams Kwan HL.

Williams Kwans mengucapkan terimakasih kepada inisiator Kampung Glintung Go Green Bambang Irianto karena telah mau memberikan inspirasi dan keilmuan yang dimilikinya untuk warga atau daerah lain sehingga bisa menciptakan solusi dari permasalahan yang dihadapi di wilayahnya.

Sementara itu, perwakilan Puslutbang Kementerian Pertanian yakni Kismat ramdhani yang juga hadir saat itu menyatakan rasa senangnya karena mengetahui bahwa saat ini sudah mulai banyak daerah lain yang melakukan replikasi Kampung Glintung Go Green seperti Gerendeng Pulo di Tangerang ataupun daerah-daerah yang lainnya.

“Semoga semakin banyak replika Kampung Glintung Go Green yang lahir dengan potensi yang berbeda-beda sesuai potensinya masing-masing,” ujar Kismat Ramdhani.


Ditemui usai melakukan presentasi, inisiator Kampung Glintung Go Green (Kampung 3G) Bambang Irianto menyatakan keberhasilan membina daerah lain tetap berdampak dan berimbas kepada Kampung Glintung Go Green.

“Setelah Gerendeng Pulo sukses bertransformasi akhirnya semakin banyak daerah lain yang datang dan ingin belajar ke Kampung Glintung Go Green. Keberhasilan Gerendeng Pulo menjadi salah satu bukti keseriusan kami untuk melaksanakan replikasi Kampung Glintung Go Green untuk membangun Indonesia dari lorong-lorong kampung,” ungkap Bambang Irianto.

Terkait kedatangan peneliti Williams Kwan HL ke Kampung Glintung Go Green hari ini, Bambang Irianto berharap kedatangan Williams Kwan bisa menjembatani antara dunia usaha untuk turut berperan serta dalam pembangunan Indonesia dengan membangun kampung-kampung di Indonesia dengan bekerjasama bersama Bambang Irianto dengan Kampung Glintung Go Greennya. (A.Y)

Tags: , , , , , , , , , , , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan