Adadimalang.com

The Art of News

banner 728x90

UKT Satu Semester Ratusan Mahasiswa Polinema Akan Dibayarkan Oleh Negara

UKT Satu Semester Ratusan Mahasiswa Polinema Akan Dibayarkan Oleh Negara

Dampak dari pandemi virus corona (covid-19).

ADADIMALANG – Kondisi pandemi virus corona (covid-19) yang masih berlangsung hingga saat ini sudah berdampak hampir di semua sektor kehidupan masyarakat.

Dampak pandemi tersebut juga dirasakan oleh orang tua mahasiswa yang putra putrinya juga tengah berjuang menyelesaikan pendidikannya, termasuk di Politeknik Negeri Malang (Polinema) yang ternyata telah menyiapkan strategi khusus untuk meringankan beban orangtua mahasiswa.

“Bagi orang tua mahasiswa yang terdampak pandemi covid-19 itu ada beberapa pola yang bisa digunakan seperti pengajuan keringanan, penundaan atau bahkan pengajuan KIP Kuliah,” ungkap Direktur Polinema, Awan Setiawan.

Direktur Politeknik Negeri Malang, Awan Setiawan

Dengan KIP Kuliah tersebut, maka mahasiswa yang bersangkutan akan mendapatkan bantuan dana pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) selama satu semester.

“Misalkan mahasiswa itu UKT-nya sebesar 5 juta rupiah, maka separuhnya akan dibayarkan atau disubsidi oleh Negara. Selisih atau kekurangan UKT tersebut tidak perlu dibayarkan oleh mahasiswa Polinema,” ungkap Direktur Polinema.

Menurut Awan, KIP Kuliah tersebut sesuai dengan Permendikbud nomor 25 tahun 2020 dimana hanya dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa yang tengah menjalankan pendidikan di semester 3, 5 dan 7 dan hanya berlaku untuk satu semester saja.

Saat ditanya apakah KIP Kuliah tersebut telah diajukan Polinema ke Kemendikbud, Awan Setiawan menyampaikan jika kuota KIP Kuliah untuk Polinema tersebut telah turun untuk berapa ratus mahasiswa Polinema.

“Semoga semua ini dapat meringankan beban orang tua mahasiswa dalam kondisi pandemi seperti saat ini,” pungkas Awan Setiawan. (A.Y)

Tags: , , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan