Ini Destinasi Wisata Menarik di Brunei Darussalam

Baca Juga

ADADIMALANG – Bagi sebagian orang, berwisata ke berbagai destinasi wisata di dalam negeri mungkin sudah sering dilakukan, sehingga orientasi berwisata juga mulai mengarah ke luar negeri.

Brunei Darussalam yang merupakan negara kecil di Asia Tenggara tepatnya di Pulau Kalimantan, Brunei Darussalam merupakan salah satu negara terkaya di dunia dengan kekayaan sumber daya minyak dan gas.

Hebatnya, meski disebut sebagai negara kecil namun Brunei Darussalam berstatus sebagai negara dengan PDB per kapita tertinggi di dunia. Selain bertitel sebagai negara kaya, Brunei Darussalam juga mempunyai banyak destinasi menarik. Cukup banyak wisatawan luar negeri yang berkunjung ke negara ini untuk menikmati keindahan alam yang dimiliki Brunei Darussalam.

Berkunjung ke Brunei Darussalam, wisatawan dapat menggunakan Royal Brunei, maskapai penerbangan yang berasal dari negara Petro Dollar ini.

Ada banyak destinasi wisata di sini, mulai dari wisata alam, wisata kuliner, hingga wisata religi ada di negara ini.

Berikut ini beberapa rekomendasi destinasi wisata menarik di Brunei Darussalam yang bisa Anda datangi :

Masjid Omar Ali Saifuddien
Masjid megah ini diberi nama sesuai dengan nama Sultan Brunei ke – 28. Masjid Omar Ali Saifuddien selesai dibangun pada tahun 1958. Masjid ini terkenal dengan interiornya yang super mewah dan megah. Lantai dan dinding masjid terbuat dari marmer terbaik Italia. Lampu gantungnya merupakan buatan Inggris, sementara karpetnya didatangkan langsung dari Arab Saudi.

Masjid Omar Ali Saifuddien dilengkapi dengan menara setinggi 52 meter.B angunan menara ini merupakan yang tertinggi di pusat kota Brunei. Selain kemegahan masjid, salah satu yang menjadi daya tarik wisatawan datang ke tempat ini adalah panorama senja dan malam yang begitu indah. Keindahan tersebut berasal dari lampu dan kubah emas dari bangunan masjid yang terpantul dengan cantik di atas permukaan air sungai Brunei.

Kampong Ayer
Kampong Ayer sudah ada sejak 1.000 tahun yang lalu. Desa ini disebut-sebut sebagai pemukiman panggung terbesar di dunia. Seorang cendekiawan dari Venesia Antonio Pigafetta menjuluki desa ini dengan sebutan “Venice of the East”. Di desa ini banyak terdapat rumah – rumah kayu yang dicat berwarna-warni.
Dahulunya desa unik ini merupakan pusat industri tradisional yang banyak mengerjakan perak, pembuatan emas, tenun kain halus dan pembuatan perahu. Namun, seiring berjalannya waktu kebiasaan ini mulai jarang ditemukan. Hanya pengrajin perahu yang mudah untuk ditemukan, sementara untuk penenun, pengunjung harus masuk ke dalam desa untuk menemukannya.

Saat ini Kampong Ayer dihuni kurang lebih 30.000 orang warga yang terdiri dari 42 desa panggung. Mereka hidup di sepanjang tepi Sungai Brunei.

Museum Royal Regalia
Museum yang berlokasi di Jalan Sultan Bandar ini menyimpan banyak koleksi sultan Brunei, seperti mahkota dan harta karun. Di Museum Royal Regalia juga terdapat barang – barang hadiah yang diberikan kepada sultan Brunei, di antaranya perak Angkor Wat (Kamboja), pin perak berbentuk Nazca (Peru), dan model Masjid Agung Mekah yang terbuat dari logam dan batu mulia (Arab Saudi).

Selain itu, di sini juga banyak terdapat senjata-senjata milik kerajaan. Terdapat pula review historis tentang keluarga sultan melalui foto keluarga, tulisan narasi, dan hologram. Museum Royal Regalia juga memamerkan kereta kerajaan yang dulunya sempat digunakan untuk perayaan pernikahan ke – 25 sultan pada tahun 1992. Ada juga kereta kerajaan yang digunakan untuk penobatan 1968.

Museum Maritim Brunei Darussalam
Salah satu daya tarik dari Museum Maritim Brunei Darussalam adalah kerangka kapal yang dijejerkan dengan wadah keramik cantik. Kerangka kapal ini diletakkan di aula utama museum. Selain melihat kerangka kapal, pengunjung juga bisa melihat 13.261 artefak yang digali dari kapal karam yang cukup penting di Brunei Darussalam. Kapal yang ditemukan pada tahun 1997 ini diyakini telah berlayar dari Tiongkok pada akhir abad ke – 15 atau awal abad ke – 16.

Identik dengan namanya, bangunan museum ini berbentuk layaknya sebuah kapal. Museum Maritim Brunei Darussalam ini berada di Kota Batu, berjarak sekitar lima kilometer dari pusat kota.

Gadong Night Market
Brunei Darussalam juga memiliki destinasi wisata kuliner dan belanja. Salah satu nya Gadong Night Market atau Pasar Gadong. Di sini para wisatawan akan menemukan banyak jenis kuliner khas Brunei Darussalam, mulai dari jajanan lokal hingga makanan lokal bisa ditemukan di tempat ini. Selain berburu kuliner khas Brunei, di sini pengunjung juga bisa berbelanja beragam jenis barang.

Taman Nasional Ulu Temburong
Jika Anda tertarik dengan wisata alam, di Brunei Darussalam ada Taman Nasional Ulu Temburong. Di tempat ini pengunjung bisa melihat beberapa air terjun yang indah dengan ditemani beraneka flora dan fauna. Di taman Nasional Ulu Temburong juga terdapat resort untuk wisatawan yang ingin beristirahat dan menginap.

Selain menikmati keindahan air terjun, pengunjung juga bisa melakukan kegiatan rekrasi, seperti rafting, kayak, camping, dan night jungle walk. Jika Anda ingin berkunjung ke sini, disarankan untuk datang pada musim panas, karena di musim hujan perjalanan menuju lokasi akan terganggu.

Demikianlah beberapa rekomendasi destinasi wisata populer di Brunei Darussalam. Masih banyak lagi destinasi wisata lain yang bisa kamu kunjungi selain rekomendasi di atas, seperti Istana Nurul Iman dan Masjid Hassanal Bolkiah. Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi berwisata di negara maju ini, Anda bisa cek harga tiket pesawat terbaru di sini. (A.Y)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terbaru

Seribu ARMY Dipastikan Akan Meramaikan ARMY Festival Day 2022

Dilaksanakan di Malang Night Paradise dengan berbagai hiburan bernuansa Korea bagi para pecinta band KPop BTS. ADADIMALANG - 12 hari...

Polinema Gelar Tes SBMPN Mulai Hari Ini

Menggunakan metode CBT, disiapkan puluhan pengawas dan helpdesk selama pelaksanaan ujian. ADADIMALANG - Sebagai kampus Politeknik Negeri yang memiliki peminat terbanyak di Indonesia, Politeknik Negeri...

Program Bambang Irianto Dinilai Tepat Untuk Menangani Bonus Demografi

Hanya terjadi sekali saja sehingga sangat sayang untuk dilewatkan. ADADIMALANG - Bonus Demografi sudah cukup lama didengung-dengungkan akan terjadi pada bangsa Indonesia. Bonus Demografi tersebut...

Tanggapi Aduan Penjualan Satwa Tidak Sehat, Tim Pemkot Malang Turun Ke Splendid

Beri himbauan dan edukasi pedagang, termasuk mendata kondisi satwa yang ada di Splendid. ADADIMALANG - Adanya temuan warga yang diadukan melalui saluran media sosial yang...

UMKM Kampoeng Kajoetangan Belajar Editing Video Di Kampus ABM

Kelanjutan pendampingan UMKM oleh Tim Pengabdian Kepada Masyarakat STIE Malangkuçeçwara. ADADIMALANG - Sebagai wujud komitmen dari tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) STIE Malangkuçeçwara (ABM) Malang...

Berita Terkait