Peluncuran Tahapan Pilkada Kota Malang Dihadiri Ribuan Masyarakat

Home | Berita | Peluncuran Tahapan Pilkada Kota Malang Dihadiri Ribuan Masyarakat
Peluncuran Tahapan Pilkada Kota Malang Dihadiri Ribuan Masyarakat

Hadirkan Vinoqi entertainment dan Nella Kharisma untuk menghibur masyarakat kota Malang.

ADADIMALANG.COM | Kota Malang – Setelah diluncurkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pusat dan KPU Provinsi Jawa Timur, giliran KPU Kota Malang juga turut serta meluncurkan tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Malang tahun 2024 pada malam hari ini, Minggu (09/06/2024).

Dalam kegiatan yang digelar di halaman Balaikota Malang ini menyedot animo masyarakat yang ingin melihat langsung peluncuran tersebut, atau yang ingin menyaksikan hiburan dari bintang tamu yang dihadirkan oleh KPU Kota Malang ini.

Ketua Komisioner KPU Kota Malang, Aminah Asminingtyas menjelaskan jika pihaknya sebagai penyelenggara pemilu memiliki kewajiban untuk mensosialisasikan tahapan pilkada agar masyarakat dapat mengetahui dan memahami apa saja tahapan Pilkada dan waktu pelaksanaannya.

“Kegiatan ini merupakan sosialisasi kepada masyarakat bahwa tahapan pilkada telah dimulai. Dengan begitu masyarakat akan tahu bahwa kota Malang akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang dilaksanakan serentak atau bersamaan dengan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim pada tanggal 27 November 2024 mendatang,” ungkap Aminah.

https://youtu.be/ES0im2aTsis

Dengan mengetahui tahapan Pilkada Kota Malang tersebut, Aminah berharap masyarakat dapat turut serta dalam mengikuti rangkaian pilkada kota Malang ini.

“Jadi tidak hanya mencoblos atau memberikan suara saat Pilkada nanti, tapi juga mengikuti prosesnya sehingga masyarakat betul-betul teredukasi dan mengetahui pilkada itu seperti apa,” ungkapnya.

Sukses menggelar Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden pada bulan Februari 2024 lalu dengan tingkat partisipatif masyarakat mencapai 82 persen melebihi target nasional 79 persen, Aminah berharap partisipasi masyarakat Kota Malang saat Pilkada November 2024 mendatang akan tetap tinggi seperti Pemilu Februari lalu.

Dalam sosialisasi kali ini, KPU Kota Malang juga memperkenalkan maskot Pilkada Kota Malang yakni Mas Suma dan Mbak Sawa serta jingle Pilkada Kota Malang yang merupakan hasil sayembara atau lomba cipta maskot dan jingle pilkada Kota Malang 2024.

Kehadiran Nella Kharisma juga turut menyuarakan tentang pesan-pesan KPU Kota Malang terkait pelaksanaan Pilkada Kota Malang tahun ini.

“Ojok lali yo ker, tanggal 27 November 2024 ayo podo nyoblos pas Pilkada. Gak nyoblos, gak mbois jes…!!!,” ucap Nella Kharisma di sela-sela penampilan tarik suaranya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Wali Kota Malang, Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM., menegaskan bahwa kesuksesan pelaksanaan Pilkada Kota Malang merupakan tanggungjawab bersama yang membutuhkan peran dari banyak pihak, termasuk masyarakat di dalamnya.

“Ini menjadi momentum menyadarkan kita semua bahwa suksesnya pilkada nanti merupakan tanggungjawab kita bersama. Sehingga semua pihak menjalankan tugas dengan baik dan prosedural agar pelaksanaan Pilkada aman, lancar, terkendali dan juga sukses,” ungkap Wahyu.

Menurut Wahyu, sebelum pelaksanaan Pilkada tersebut masyarakat Kota Malang harus mendapat informasi yang komprehensif terkait figur kepala daerah.

“Kenali dengan baik sosok yang akan dipilih, karena suara yang diberikan akan menentukan arah jalannya pembangunan ke depan. Besar harapan saya semua warga yang telah memiliki hak pilih dapat menggunakan dengan bijak. Agar nantinya bisa terpilih pemimpin yang amanah dan terbaik untuk masyarakat Kota Malang dan Jawa Timur,” tutup Pj Wali Kota Wahyu Hidayat.

Dalam peluncuran tahap Pilkada Kota Malang malam tadi juga dihadir Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Provinsi Jawa Timur yakni Nur Salam yang memberikan apresiasi atas kerja dan kinerja Komisioner dan jajaran KPU Kota Malang dalam melaksanakan Pemilu selama ini.

“Jadi mereka berlima inilah yang bekerjakeras dalam melaksanakan Pemilu sehingga dapat berjalan lancar, aman dan juga suksea. Tentunya dibantu oleh jajaran Sekretariat KPU Kota Malang dan juga PPK, PPS sekota Malang ini. Mohon maaf juga jika ada salah selama melaksanakan tugas-tugasnya selama ini,” ungkap Nur Salam secara terbuka.

Nur Salam menyampaikan jika di tanggal 13 Juni 2024 ini akan terjadi pergantian tampuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) kota Malang dari Komisioner KPU kota Malang saat ini ke Komisioner yang baru. (A.Y)