Ini 9 Peralatan Kantor Yang Harus Ada Di Meja Kerja Anda

Baca Juga

Agar pekerjaan kita lebih nyaman dikerjakan.

ADADIMALANG – Dalam melaksanakan suatu pekerjaan tentunya membutuhkan piranti untuk mendukung suatu pekerjaan tersebut dapat terselesaikan. Mengingat terselesaikannya suatu pekerjaan sesuai dengan harapan atau target yang telah ditetapkan (deadline) menjadi salah satu tolak ukur kinerja seorang pekerja atau karyawan dalam suatu perusahaan.

Oleh karenanya seorang pegawai atau karyawan harus memiliki piranti yang dapat mendukung terselesaikannya pekerjaannya.

Salah satu pendukung yang pertama untuk terselesaikannya pekerjaan di kantor adalah peralatan yang ada diatas meja kerja seorang karyawan, sehingga sebelum membelinya harus benar-benar diperhatikan fungsi efektivitas dan kualitasnya. Kenapa begitu? karena membeli produk dengan harga murah tidak berarti pasti akan menguntungkan, karena jika ternyata cepat rusak maka harus mengeluarkan uang lagi untuk membelinya.

Peralatan kantor memiliki banyak manfaat dimana salah satunya dapat menunjang karyawan dalam menyelesaikan pekerjaan. Bayangkan saja jika karyawan yang banyak job menyelesaikan laporan namun tidak mempunyai laptop harus bergantian dengan karyawan yang lain, dapat dipastikan pekerjaannya akan sangat terganggu.

Ini 9 peralatan kantor yang seharusnya ada di meja kerja anda :

1. Laptop

Alat satu ini wajib dimiliki oleh karyawan terutama yang pekerjaannya berkaitan dengan dokumen dan file. Biasanya kantor mempunyai standar kualitas laptop sesuai dengan job description dari karyawan tersebut.
Untuk yang pekerjaannya berkaitan dengan data berupa Word, Excel, atau Powerpoint, laptop dengan spesifikasi biasa sudah cukup membantu dalam menyelesaikan pekerjaan. namun akan berbeda spesifikasi laptop yang diberikan bagi karyawan yang bertugas editing film atau multimedia lain

2. Buku Catatan
Salah satu perlengkapan meja kantor yang harus ada adalah buku catatan. Agenda atau note ini dapat menjadi tempat mencatat hal-hal penting, seperti jadwal meeting atau job yang harus selesai pada hari itu berikut jam deadlinenya.
Saat ini banyak yang menggunakan smartphone untuk menulis berbagai catatan dan jadwal pekerjaan. Namun tidak sedikit yang tetap memilih untuk menggunakan buku catatan.
Selain karena sudah biasa, hard copy dapat menjadi pengingat yang kuat. Ketika pekerjaan sudah terselesaikan, dapat segera mencoret list atau membuang catatan tersebut.

3. Bolpoin dan Spidol
Dua alat tulis ini juga sangat penting. Bagaimana karyawan menulis jika tidak mempunyai bolpoin? Meski harganya murah namun fungsinya sangat penting. Begitu juga dengan spidol. Bagi yang sering menulis di papan tulis tentu membutuhkan spidol terutama yang tipe boardmarker atau dapat dengan mudah dihapus.

4. Papan Tulis
Papan tulis berfungsi untuk menulis laporan harian, mingguan, bulanan atau trimester. Ada juga yang menggunakannya sebagai tempat mencatat agenda. Dalam sebuah meeting offline, papan tulis penting untuk membantu presentasi. Pembicara dengan mudah dapat memberikan penjabaran dengan visualisasi pada papan tulis.

5. Kertas untuk Mencetak Dokumen
Hampir semua karyawan mengetahui jenis perlengkapan kantor dan fungsinya. Memang tidak semua alat tersedia secara privat untuk masing-masing karyawan. Ada peralatan yang penggunaannya secara umum. Artinya semua karyawan bisa menggunakannya seperti mesin scan atau fotocopy yang dapat dipergunakan bersama dengan karyawan lain.
Biasanya procurement sudah membuat proyeksi load pekerjaan dan penggunaan alat tersebut. Data ini untuk menentukan rasio jumlah alat dibanding load pekerjaan dan karyawan yang menggunakannya.

6. Filing Cabinet
Perlengkapan kantor dan fungsinya wajib dipahami oleh semua karyawan. Filling cabinet merupakan salah satu jenis peralatan yang sangat penting. Fungsinya adalah untuk menyimpan dokumen atau hardcopy file. Karena penting banyak penjual yang menyediakan filling cabinet dengan kunci manual atau menggunakan kode.

7. Line Telepon
Walaupun setiap karyawan pasti mempunyai smartphone namun line telepon masih sangat penting, apalagi untuk berkomunikasi dengan bagian lain dalam satu kantor. Jadi karyawan tidak selalu harus meninggalkan meja kerja jika ada kepentingan dengan bagian lain.
Dengan adanya line telepon semua pekerjaan menjadi semakin efektif. Karyawan juga dapat lebih fokus dengan pekerjaannya dan menghindari waktu yang terbuang selama menuju atau kembali dari bagian lain tersebut.

8. Kartu Nama
Benda kecil ini merupakan identitas yang sangat penting untuk menunjukkan siapa pemiliknya. Koleg pun akan semakin yakin berinteraksi dengan karyawan yang menunjukkan kartu nama yang dapat berfungsi menjadi alat prestise, apalagi jika bekerja di perusahaan ternama.

9. Printer
Dalam menyelesaikan tugas, bisa saja seorang karyawan dalam sehari harus bolak balik mencetak dokumen. Jika tidak memiliki printer tentu pekerjaannya akan sangat terganggu.

Tidak salah jika bagian pengadaan atau procurement menyediakan printer khusus untuk karyawan tertentu. Dengan demikian semua pekerjaan dapat selesai tanpa ada gangguan apapun.

Jenis alat cetak ini sangat banyak, begitu juga mereknya. Masing-masing mengklaim mempunyai keunggulan.

Salah satu yang pantas menjadi pilihan adalah Printer Epson L805 yang dikenal memiliki berbagai keunggulan antara lain :
● Konektivitas menggunakan wireless atau nirkabel
● Dapat untuk mencetak name tag
● Bisa mencetak langsung pada CD atau DVD
● Berlaku garansi 1 tahun atau 3000 lembar. Untuk klaim jika terjadi kerusakan tergantung mana yang lebih dulu, jumlah cetakan atau waktu pemakaian tersebut
● Dapat untuk mencetak foto dengan kualitas tinggi
● Dengan menggunakan kertas foto R4, kecepatan mencetak 12 detik per lembar

Anda dapat membeli Epson L805 di Blibli, marketplace yang terbukti menyediakan berbagai jenis ATK berkualitas. Berbelanja di Blibli juga aman dan dapat memilih berbagai jenis ekspedisi yang tersedia.

Epson L805 merupakan printer handal dengan harga terjangkau sehingga pas untuk keperluan pekerjaan. Perlengkapan kerja kantor satu ini memang harus tersedia sehingga dapat mensupport karyawan dalam menyelesaikan pekerjaannya. (A.Y)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terbaru

Seribu ARMY Dipastikan Akan Meramaikan ARMY Festival Day 2022

Dilaksanakan di Malang Night Paradise dengan berbagai hiburan bernuansa Korea bagi para pecinta band KPop BTS. ADADIMALANG - 12 hari...

Polinema Gelar Tes SBMPN Mulai Hari Ini

Menggunakan metode CBT, disiapkan puluhan pengawas dan helpdesk selama pelaksanaan ujian. ADADIMALANG - Sebagai kampus Politeknik Negeri yang memiliki peminat terbanyak di Indonesia, Politeknik Negeri...

Program Bambang Irianto Dinilai Tepat Untuk Menangani Bonus Demografi

Hanya terjadi sekali saja sehingga sangat sayang untuk dilewatkan. ADADIMALANG - Bonus Demografi sudah cukup lama didengung-dengungkan akan terjadi pada bangsa Indonesia. Bonus Demografi tersebut...

Tanggapi Aduan Penjualan Satwa Tidak Sehat, Tim Pemkot Malang Turun Ke Splendid

Beri himbauan dan edukasi pedagang, termasuk mendata kondisi satwa yang ada di Splendid. ADADIMALANG - Adanya temuan warga yang diadukan melalui saluran media sosial yang...

UMKM Kampoeng Kajoetangan Belajar Editing Video Di Kampus ABM

Kelanjutan pendampingan UMKM oleh Tim Pengabdian Kepada Masyarakat STIE Malangkuçeçwara. ADADIMALANG - Sebagai wujud komitmen dari tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) STIE Malangkuçeçwara (ABM) Malang...

Berita Terkait