Disporapar Kota Malang Raih Penghargaan Di Ajang Planet Tourism Indonesia Award 2021

Baca Juga

Plt. Walikota Malang tawari Teh Pucuk Harum Gelar Event Kuliner Skala Nasional di Kota Malang

Kota Malang – Bertempat di lapangan Rampal kota Malang, event festival kuliner ‘Pucuk Coolinary Festival’ dibuka secara resmi sekitar...

1,5 Bulan Ini Naga Menghidupi Ibunya Seorang Diri

Anak 8,5 tahun mengemis untuk hidupi ibunya yang patah tulang korban kecelakaan. ADADIMALANG - Tidak ada yang menyangka bahwa roda...

Organisasi Pemuda Internasional AIESEC lakukan Studi Budaya ke KBP

Mahasiswa Asing mendominasi kunjungan studI budaya AIESEC ke Kampung Budaya Polowijen. Kota Malang - Didominasi oleh mahasiswa asing, orgaanisasi Association...

MarkPlus Tourism memberikan penghargaan untuk entitas pariwisata nasional di ajang Planet Tourism Indonesia Awards 2021.

Jakarta ADADIMALANG – Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) berhasil meraih penghargaan di ajang Planet Tourism Indonesia Award 2021 yang dilaksanakan oleh MarkPlus Tourism selama dua hari sejak tanggal 23 September 2021 lalu.

Disporapar kota Malang berhasil meraih penghargaan di kategori Tourism&Creative Campaign Award 2021 dimana Kota Malang mengusung Malang Flower Carnival (MFC) sebagai unggulan di Ajang Planet Tourism Campaign Award 2021 tersebut,” jelas Kepala Disporapar Kota Malang, Dr. Ida Ayu Made Wahyuni, SH., M.Si.

MFC merupakan karnaval dengan tema bunga di Indonesia ini diselenggarakan setiap tahun sejak tahun 2010 yang diikuti oleh ratusan peserta baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

“Even tahunan ini menjadi even unggulan Kota Malang yang telah masuk dalam Calendar of Event Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesai (Kemenparekraf RI) sejak tahun 2017. MFC mempunyai tujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi kreatif yang berbasis pada keunggulan potensi budaya lokal,” ujar Ida Ayu.

MFC menurut Ida Ayu bertujuan untuk membentuk generasi muda yang kreatif, inovatif dan memiliki daya saing tinggi sebagai penggerak kemajuan daerah dan nasional dalam wadah komunitas.

“Melalui even kreatif ini dapat memberikan dampak positif terhadap ekonomi masyarakat secara berkelanjutan. Di 2021 ini, MFC meraih prestas 10 besar Kharisma Event Nusantara (KEN) kategori Event Berskala Internasional. MFC juga telah 38 kali mewakili Indonesia pada event dan festival budaya dan pariwisata internasional di luar negeri, serta meraih berbagai penghargaan lainnya. MFC diusung sebagai unggulan di Ajang Planet Tourism Campaign Award 2021 karena merupakan even unggulan tidak hanya untuk Kota Malang, tapi juga di Provinsi Jawa Timur bahkan nasional,” ungkap Kepala Disporapar.

Situasi pandemi membuat pelaksanaan kegiatan memerlukan penanganan berbeda dibanding pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya dimana pada tahun 2020 MFC dilaksanakan secara full virtual sementara di tahun 2021 ini direncanakan akan dilaksanakan secara hybrid dengan penerapan prokes yang sangat ketat dengan tema Great Garudheya.

Sementara itu, Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji menyampaikan bahwa MFC adalah salah satu even kebanggaan Kota Malang karena tidak hanya dihadiri oleh peserta dari dalam negeri saja.

“Sebelumnya MFC selalu mengangkat tema tentang bunga seluruh nusantara, seperti bunga Padma atau Anggrek tetapi tahun ini berbeda dengan mengambil tema Garudheya yang berarti burung Garuda yang merupakan pilihan tema selama tiga tahun, yakni 2020, 2021, dan 2022. Melalui MFC diharapkan dapat meningkatkan aktivitas ekonomi masyarakat di seni pertunjukan dan ekonomi kreatif. Selain itu, untuk menumbuhkan semangat dan optimisme masyarakat beraktivitas dengan menjalankan protokol kesehatan,” beber Wali Kota Sutiaji.

MarkPlus Tourism menyelenggarakan Planet Tourism Indonesia 2021 dengan bertemakan ‘Beyond Recovery, Towards Sustainability’ secara daring selama dua hari yang dihadiri oleh sejumlah pembicara nasional dan internasional di bidang pariwisata dalam Special Speech dan diskusi panel yang juga disertai dengan pemberian penghargaan bagi sejumlah entitas yang aktif menjadi penggerak industri pariwisata Indonesia.

Kategori pemberian awards terbagi menjadi tiga yakni Branding Campaign Award for Sustainable Destinations 2021, Tourism and Creative Campaign Award 2021 dan Entrepreneurial Destination Award 2021.

Branding Campaign Award for Sustainable Destinations 2021 sebagai bentuk dorongan kepada para pemenang Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) yang telah dilakukan oleh Kementerian Pariwisata dalam beberapa tahun terakhir agar lebih dikenal masyarakat Indonesia sebagai destinasi yang telah menerapkan prinsip-prinsip sustainable destination. Sementara Tourism and Creative Campaign Award 2021 merupakan bentuk apresiasi terhadap pemerintah daerah dan industri kreatif yang mampu mempromosikan produk-produk pariwisata dan ekonomi kreatif dengan tetap mematuhi standar protokol kesehatan sehingga dapat membuat kegiatan parekrafnya hidup kembali tetapi tidak menjadi potensi kluster baru Covid-19.

Entrepreneurial Destination Award 2021 merupakan bentuk apresiasi terhadap Destination Management Organization (DMO) atau pengelola destinasi yang mampu menjaga industri parekraf nya tetap aktif berjalan, sekalipun dalam pembatasan pengunjung dan implementasi protokol kesehatan yang ketat di tengah pandemi.

Dengan adanya pemberian penghargaan berkala terhadap entitas pariwisata nasional, diharapkan industri pariwisata akan semakin terpacu meningkatkan kualitas dan ketahanannya dalam sustainable tourism setiap tahunnya. (A.Y)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Berita Terbaru

Jamaluddin, Santri Pondok Pesantren Mamba’ul ‘Ulum Malang Juarai LBKK Ke-5V FPKS di Malang Raya 2021

Para Juara akan dikirim ke LBKK tingkat Provinsi jawa Timur. Kabupaten Malang ADADIMALANG - Setelah 71 orang peserta berjuang dalam...

Lestarikan Budaya Pesantren, PKS Se-Malang Raya Gelar Lomba Baca Kitab Kuning

ADADIMALANG - DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) se-Malang Raya kembali sukses menggelar Lomba Baca Kitab Kuning (LBKK) yang dilaksanakan secara hybrid Sabtu kemarin (27/11/2021). Kegiatan...

Tak Mau Kecolongan, Polinema Jaga Ketat Protokol Kesehatan Saat Wisuda Hybrid

Lakukan screening pendamping wisudawan sejak pintu gerbang masuk kampus. ADADIMALANG - Tidak menginginkan adanya kondisi yang tidak diinginkan saat pandemi Covid-19 ini terjadi, panitia wisuda...

Polinema Tuntaskan Tiga Gelombang Wisuda Tahun 2021

Gelombang ketiga dilaksanakan secara hybrid dengan dua sesi. ADADIMALANG - Sesuai dengan target yang telah ditetapkan sebelumnya untuk melaksanakan tiga kali gelombang wisuda tahun ajaran...

Refleksi Toleransi 2021 Di Jawa Timur Berdasarkan Catatan Riset Lapangan

Tingkat toleransi diketahui semakin menurun dari tahun ke tahun. ADADIMALANG - Menjelang akhir tahun 2021 ini, terjadinya penangkapan Ahmad Zain (AZ), anggota Majelis Ulama Indonesia...
- Advertisement -

Berita Terkait