Kasus Covid-19 di Kota Malang Melandai, Antisipasi Lonjakan Paska Nataru

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, dr Husnul Muarif

Jumlah pasien hanya tujuh orang, Safe House dikembalikan ke Pemprov Jatim.

ADADIMALANG – Kasus paparan Covid-19 di Kota Malang telah melandai, dimana dalam lima hari terakhir tidak ada penambahan kasus aktif Covid-19.

“Selama lima hari terakhir tidak ada penambahan kasus baru, dan hingga saat ini jumlah pasien Covid-19 aktif di Kota Malang berjumlah tujuh orang. Tujuh orang tersebut sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit (RS) rujukan maupun RS lapangan untuk gejala ringan,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, dr Husnul Mu’arif siang tadi, Sabtu 20 November 2021.

Dua dari tujuh pasien Covid-19 di Kota Malang tersebut mengalami gejala ringan dan dirawat di RS lapangan Idjen Boulevard, sementara lima orang sisanya tengah mendapatkan perawatan di RS rujukan.

“Jadi kondisi penyebaran Covid-19 di Kota Malang saat ini melandai,” kata Husnul.

Karena kasus Covid-19 di Kota Malang sudah melandai dalam beberapa hari terakhir ini kata Husnul. Maka untuk safe house di Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia di Jalan Kawi sudah tidak digunakan lagi untuk merawat pasien Covid-19.

“Karena semua pasien tersebut telah ditangani di RS Lapangan dan RS rujukan, maka untuk safe house telah kami serahkan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur sebagai pemilik gedung,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang.

Saat ditanya terkait antisipasi lonjakan kasus Covid-19 menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) akhir tahun ini, Husnul menegaskan pihaknya telah berkoordinasi dengan jajaran terkait untuk melakukan pengetatan di perbatasan dan memeriksa ketersediaan jumlah bed isolasi Covid-19 di rumah sakit.

“Intinya sama seperti tahun lalu ya. Ketika Kota Malang masih berada di PPKM level 3. Pengetatan terus kami lakukan dan menyiapkan penanganan di rumah sakit baik UGD, ICU termasuk ruang isolasinya,” pungkas dr Husnul Muarif. (A.Y)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini