Usai Jadi Tuan Rumah Kampus Merdeka Fair, Polinema Dipercaya Gelar Kampus Merdeka Fest

Kampus Merdeka Fest di Polinema mendapat pujian dari Kabid Kemitraan Strategis Pelaksana Pusat Kampus Merdeka.

ADADIMALANG.COM | Kampus Polinema – Setelah ditunjuk dan sukes menjadi tuan rumah pelaksana Kampus Merdeka Fair beberapa waktu yang lalu, Politeknik Negeri Malang (Polinema) menggelar kegiatan Kampus Merdeka Fest malam hari ini, Sabtu (25/11/2023).

Kegiatan yang dilaksanakan dengan tujuan menyosialisasikan berbagai program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) tersebut dihadiri lebih dari 1.200 orang mahasiswa yang berasal dari kampus Polinema dan juga mahasiswa peserta program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) yang datang dari berbagai kampus di luar Jawa yang saat ini tengah PMM di Kota Malang dan sekitarnya.

Beberapa program BMKM yang disosialisasikan ini antara lain Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM), Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA), Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB), Program Wirausaha Merdeka dan beberapa program MBKM lainnya.

Dalam sambutannya, Direktur Polinema yakni Supriatna Adhisuwignjo, ST., MT., menyampaikan dengan berbagai kebijakan yang diambil di tengah perubahan generasi dan perubahan zaman di era revolusi industri membuat kegiatan pembelajaran yang dilakukan di kampus diharapankan dapat lebih menarik.

Direktur Politeknik Negeri Malang (Polinema), Supriatna Adhisuwignjo, ST., MT., saat memberikan sambutan dalam kegiatan Polinema Kampus Merdeka Fest 2023 (Foto : Istimewa)
Direktur Politeknik Negeri Malang (Polinema), Supriatna Adhisuwignjo, ST., MT., saat memberikan sambutan dalam kegiatan Polinema Kampus Merdeka Fest 2023 (Foto : Istimewa)

“Dengan dukungan dari semua pihak, Polinema mendapat dua anugerah sekaligus yakni sebagai penyelenggara Kampus Merdeka Fair dan sebagai kampus dengan jumlah peserta terbanyak untuk program Kampus Merdeka Mandiri. Alhamdulillah kita kembali mendapat kesempatan untuk menggelar Kampus Merdeka Fest malam hari ini. Semoga kegiatan ini dapat memberikan motivasi kepada para mahasiswa semuanya untuk dapat memanfaatkan fasilitas dan kesempatan yang terbaik yang dapat diberikan oleh Kementerian melalui program flagshipnya dan program lainnya,” ujar Supriatna.

Dalam Festival Kampus Merdeka (Kampus Merdeka Fest) kali ini, mahasiswa peserta program Pertukaran mahasiswa Merdeka (PMM) di kampus Polinema menampilkan berbagai kesenian dan juga budaya lokal masing-masing. Selain itu, digelar sharing session terkait dengan pelaksanaan beberapa program MBKM yang dihadiri oleh para pelaksana dan juga alumnus program tersebut.

Kampus Merdeka Fest di Polinema dipuji Kabid Kemitraan Strategis Pelaksana Pusat Kampus Merdeka

Pelaksanaan Kampus Merdeka Fest 2023 di kampus Polinema ini mendapat apresiasi positif dari Nurhadi Irbat selaku Kepala Bidang Kemitraan Strategis Pelaksana Pusat Kampus Merdeka Kemendikbud RI yang juga hadir di lokasi malam hari ini.

“Pelaksanaan Kampus Merdeka Fest di Polinema tahun 2023 ini sangat luar biasa dimana saya ingat setahun yang lalu kita kolaborasi dengan Kemendikbud melaksanakan kampus Merdeka Fair dan tahun ini dijalankan sendiri oleh Polinema dengan animo mahasiswa yang sangat antusias mengikutinya,” ungkap Nurhadi.

Menurut Nurhadi, selain mahasiswa sebagai peserta Kampus Merdeka Fest sangat antusias, panitia, dosen hingga pimpinan Polinema sangat kompak sekali dalam pelaksanaan Kampus Merdeka Fest 2023.

“Capaian-capaiannya ternyata sekarang luar biasa sekali jika dibandingkan setahun yang lalu. Polinema saat ini sudah jauh lebih bagus terutama dalam pelaksanaan kampus Merdeka baik flagship maupun kampus Merdeka Mandiri. Sekali lagi, Polinema Jos banget dengan pelaksanaan kegiatan Kampus Merdeka Fest ini. Semoga para mahasiswa dapat lebih memahami lagi kepentingan dari pembelajaran satu semester di luar kampus sehingga mahasiswa dapat memilih berbagai program MBKM,” ujar Nurhadi.

Para dosen dan juga Kepala Program Studi juga diharapkan dapat lebih memahami esensi dari mahasiswa belajar di luar kampus dimana dengan saling berdiskusi dan saling belajar bersama akan dapat sama-sama mendesain program bersama sehingga saat mahasiswa kembali ke kampusnya akan mulai sadar pentingnya belajar di luar kampus untuk kelak mendapatkan karir terbaiknya setelah lulus.

Salah satu pelaksana program IISMA yakni Hilda Cahyani, PhD selaku Senior Manager Pengembangan Program IISMA menyampaikan kegiatan Kampus Merdeka Fest merupakan ajang untuk menyosialisasikan program flagship kampus Merdeka dimana saat ini kampus vokasi seperti Polinema telah dapat bergabung juga mengikutinya.

“Melalui program Kampus Merdeka Fest ini Polinema melaksanakan jemput bola untuk memberikan sosialisasi kepada mahasiswanya dan juga peserta PMM untuk dapat memanfaatkan berbagai program MBKM. Dengan mengikuti program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA), maka mahasiswa tidak hanya kuliah di luar negeri saja tetapi juga mengenyam pengalaman di industri yang menjadi ciri khas dari vokasi,” ujar Hilda.

Senior Manager Pengembangan Program IISMA, Hilda Cahyanai, PhD saat menjadi narasumber sharing session di Polinema Kampus Merdeka Fest 2023 (Foto : Istimewa)
Senior Manager Pengembangan Program IISMA, Hilda Cahyanai, PhD saat menjadi narasumber sharing session di Polinema Kampus Merdeka Fest 2023 (Foto : Istimewa)

Menurut perempuan ramah ini, peminat program IISMA terus meningkat dimana tahun 2022 lalu peminatnya mencapai 1.200 dan di tahun ini telah menjadi 1.400 peserta dan tahun 2024 mendatang ditargetkan peminatnya dapat meningkat secara signifikan mengingat kuota IISMA akan bertambah.

“Oleh karena itu mahasiswa dari kampus-kampus vokasi seperti Polinema ini juga dapat memanfaatkan dan menyiapkan diri mulai dari saat ini mengingat pendaftaran IISMA akan di bulan Januari tahun 2024 mendatang,” pungkas Hilda Cahyani. (A.Y)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini