Ini Himbauan Rektor Universitas Brawijaya Untuk Civitas Akademika UB Terkait Pemilu 2024

Universitas Brawijaya (Foto : Agus Yuwono ~ AdaDiMalang.com)
Universitas Brawijaya (Foto : Agus Yuwono ~ AdaDiMalang.com)

ADADIMALANG.COM | Kampus UB – Semakin mendekati pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang, akhir-akhir ini berbagai civitas akademika dari sejumlah perguruan tinggi di Indonesia banyak yang bergerak untuk menyampaikan sikap mereka.

Terkait dengan Pemilu 2024 tersebut, Rektor Universitas Brawijaya Prof. Widodo, S.Si., M.Si., Ph.D.Med.Sc., mengeluarkan Surat Himbauan nomor 2397/UN10/TU/2024 yang diperuntukkan bagi civitas akademika Universitas Brawijaya.

Dalam surat himbauan yang tertulis tanggal 4 Februari 2024 ini, Rektor UB menyampaikan empat poin himbauannya.

“Memperhatikan dan menyikapi perkembangan situasi Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang, maka saya mengeluarkan surat ini dimana saya menghimbau seluruh civitas akademika Universitas Brawijaya untuk menjaga kerukunan, persatuan, dan kesatuan sebelum dan sesudah pelaksanaan pemilihan umum tahun 2024,” ungkap Rektor UB dalam surat himbauannya.

Himbauan poin kedua yakni seluruh civitas akademika Universitas Brawijaya dihimbau untuk melaksanakan kode etik dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa dalam melaksanakan kebebasan mimbar akademik dan asas netralitas serta tidak menunjukkan sikap keberpihakan pada partai politik dan/atau salah satu pasangan calon presiden-wakil presiden, dan/atau melakukan kegiatan yang berhubungan dengan partai politik.

“Saya himbau untuk turut mengawal proses demokrasi yang bermartabat dan penyelenggaraan Pemilu yang jujur dan adil dengan menjaga integritas akademik sehingga tercipta suasana yang sejuk dan membahagiakan dalam berbangsa dan bernegara,” ujarnya.

Surat Himbauan Rektor Universitas Brawijaya terkait Pemilu 2024
Surat Himbauan Rektor Universitas Brawijaya terkait Pemilu 2024

Poin terakhir yang disampaikan adalah Civitas Akademika Universitas Brawijaya dihimbau untuk bersikap arif dan bijaksana serta mengedepankan rasa damai dan kekeluargaan dalam menghadapi isu atau perbedaan pendapat dalam pemilihan umum tahun 2024.

“Mari kita jaga soliditas, hubungan yang baik antar unsur, serta iklim akademik yang berintegritas di Universitas Brawijaya yang kita cintai ini,” pungkas Rektor Universitas Brawijaya Prof. Widodo, S.Si., M.Si., Ph.D.Med.Sc. (A.Y)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini