Adadimalang.com

The Art of News

banner 728x90

Bangkit Di Kondisi Pandemi, Mbois Artweek Menjadi Wujud Sinergitas

Bangkit Di Kondisi Pandemi, Mbois Artweek Menjadi Wujud Sinergitas

DKM, MCF dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang bersinergi bersama untuk pemulihan bersama.

ADADIMALANG – Pandemi virus corona (Corona Virus Desease/covid-19) menghantam semua sisi kehidupan masyarakat khususnya di bidang ekonomi.

Kondisi pandemi covid-19 yang belum usai hingga saat ini membuat masyarakat kian terpuruk, dan seolah tak memiliki harapan selain mengharapkan bantuan dari pemerintah atau lembaga lainnya.

Tak ingin terus terpuruk dan tak berbuat apa-apa, para pelaku seni budaya yang tergabung dalam Dewan Kesenian Malang (DKM) bersama pelaku ekonomi kreatif melalui Malang Creative Fusion (MCF) dan didukung Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang menggelar Mbois Artweek mulai malam hari ini, Kamis (27/08/2020).

Menariknya, pelaksanaan Mbois Artweek yang juga diisi pameran karya seni dalam bentuk Art Journal ini juga dapat dinikmati secara daring (online), dimana hal tersebut ditujukan dalam mengantisipasi penyebaran atau penularan virus corona (covid-19) yang kini masih menjadi pandemi termasuk di kota Malang.

“Ini adalah terobosan atau inovasi baru yang dibuat dalam kondisi pandemi saat ini agar tetap dapat bertahan,” ungkap Pembina DKM, Djoko Saryono usai pembukaan Mbois Artweek di kantor DKM.

Menurut Djoko Saryono, inovasi atau terobosan baru untuk tetap dapat berkarya sangat diperlukan saat ini mengingat cara-cara biasanya tidak akan dapat efektif dalam kondisi pandemi saat ini.

“Namun sejarah membuktikan jika setiapkali terjadi pandemi tersebut kemudian menghasilkan inovasi, kreatifitas dan cara-cara baru untuk dapat bertahan dan keluar dari situasi pandemi,” ungkap Profesor dari Universitas Negeri Malang ini.

Senada dengan Djoko Saryono, Koordinator Malang Creative Fusion (MCF) yakni Vicky Arief Herinadharma menyampaikan bahwa Mbois Artweek merupakan wujud sinergitas dari berbagai kelompok masyarakat untuk tetap dapat berkarya dalam kondisi pandemi ini.

“Melihat kondisi pandemi saat ini, akhirnya Festival Mbois di tahun kelima ini secara garis besar kami laksanakan secara daring (online) dimana untuk bidang seni budaya MCF bekerjasama dengan DKM kota Malang menggelar Mbois Artweek ini,” ungkap Vicky Arief H.

Menurut pria yang aktif di dunia film ini, Mbois Artweek merupakan upaya bersama untuk bangkit dalam kondisi pandemi covid-19 sehingga memerlukan sinergitas dari semua pihak untuk bergerak bersama memulihkan kondisi agar dapat normal kembali.

“Meski dilakukan secara daring dan luring, namun pelaksanaan Festival Mbois dan Mbois Artweek nuansa sinergitasnya makin terasa dengan semakin banyaknya pihak yang mendukung dan terlibat dalam pelaksanaannya, termasuk dukungan dari Bank Indonesia Malang sebagai upaya pemulihan ekonomi di kalangan pelaku seni budaya, umkm dan pata pelaku ekonomi kreatif,” ujar Vicky Arief H.

Usai menyaksikan art journal yang dipamerkan, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang Azka Subhan Aminurridho menyampaikan bahwa pandemi covid-19 ini benar-benar mempengaruhi hampir seluruh sendi kehidupan masyarakat khususnya yang terkait dengan ekonomi.

“Kita ingat tahun 1998 dengan krisis ekonomi dan tahun 2008, UMKM menjadi kunci kebangkitan Indonesia untuk bertahan dan bangkit. Namun di tahun 2020 akibat pandemi covid-19 ini UMKM juga menjadi salah satu yang sangat terdampak,” ungkap Kepala Perwakilan BI Malang.

Sebagai wujud dukungan dan upaya pemulihan ekonomi para pelaku seni budaya dan industri kreatif, Perwakilan BI Malang mendukung pelaksanaan Festival Mbois ke 5 termasuk Mbois Artweek kali ini.

Sinergitas antar lembaga dan semua pihak yang memiliki visi dan misi yang sama juga menjadi poin yang ingin ditekankan oleh Bobby Nugroho sebagai Ketua Dewan Kesenian Malang (DKM) sehingga Mbois Artweek kali ini dapat dilaksanakan.

“Ada banyak agenda acara yang akan dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan Mbois Artweek ini termasuk pameran art journal yang pertama kali dilaksanakan di Indonesia. Semua kegiatan Mbois Artweek dapat dinikmati dengan langsung datang ke lokasi dengan standar protokol kesehatan yang ketat dan juga bisa secara daring (online) dari lokasi masing-masing,” ungkap Bobby Nugroho. (A.Y)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

One Response

  1. Mbois Artweek Menjadi Wujud Sinergitas Untuk Pemulihan Dari Pandemi – Malang SatuJumat, 28 Agustus 2020 at 12:41 pmReply

    […] Berita ini telah dikuat di AdaDiMalang […]

Tinggalkan Balasan