Abraham Lomi Kembali Menjadi Rektor ITN Malang

Pengambilan Sumpah Prof. Dr. Eng. Ir. Abraham Lomi, MSEE sebagai Rektor ITN Malang - Foto Humas ITN Malang

Rektor pengganti setelah Profesor Kustamar meninggal dunia.

ADADIMALANG – Setelah Rektor Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang Prof. Dr. Ir. Kustamar MT meninggal dunia beberapa waktu lalu, akhirnya hari ini kampus penghasil Sarjana Teknik di kota Malang ini kembali memiliki Rektor kembali.

Rektor baru sebagai pengganti Prof. Dr Ir. Kustamar MT yang dilantik pagi tadi bukanlah wajah baru lagi di ITN Malang karena pernah menjabat sebagai Rektor ITN Malang periode 2003-2011 yakni Prof. Dr. Eng. Ir. Abraham Lomi, MSEE.

Ketua Perkumpulan Pengelola Pendidikan Umum dan Teknologi Nasional (PU2PUTN), Ir. Kartiko Ardi Widodo MT menyampaikan bahwa ITN Malang berduka paska mangkatnya Rektor ITN Malang Prof. Dr. Ir. Kustamar MT, namun disadari bahwa tanggung jawab untuk tetap menjalankan proses pendidikan tinggi harus tetap dijalankan.

“Sehingga di posisi ini kami marathon hampir dua minggu kami melalui mekanisme pemilihan termasuk saran pendapat dari Dewan Pengawas, saran pendapat dari Senat Insitut hingga rapat dari para pengurus PU2PUTN. Dan alhamdulillah semua bisa berlangsung sehingga proses pelantikan juga dapat berlangsung dengan baik,” ungkap Ketua PU2PUTN, Ir. Kartiko Ardi Widodo MT usai pelantikan pagi hari tadi, Rabu (03/03/2021).

Ketua PU2PUTN menegaskan bahwa dalam proses pemilihan hingga pelantikan Rektor ITN Malang yang baru ini mekanisme termasuk semua proses telah dilaksanakan dengan tidak melanggar ketentuan dari peraturan pendidikan tinggi dan AD ART PU2PUTN serta peraturan statuta ITN Malang.

Ditemui usai pelantikan, Rektor ITN Malang Prof. Dr. Eng. Ir. Abraham Lomi, MSEE menegaskan jika proses kepemimpinan di ITN Malang mungkin berbeda dengan tempat yang lain. Hal tersebut disebabkan seorang Rektor harus menandatangani pakta integritas yang memuat tentang target dan capaian yang harus dilakukan selama empat tahun kepemimpinannya sebagai seorang Rektor ITN Malang.

“Di tengah jalan Tuhan berkendak lain, Rektor sebelumnya dipanggil Tuhan dan kami merasa kehilangan. Kami sebagai teman atau kolega dan sebagai penerus yang baru dilantik hari ini harus melaksanakan tugas yang berat inu karena harus mencapai target yang telah ditentukan,” ungkap Rektor ITN Malang.

Abraham Lomi menambahkan dalam kurun waktu selama dua tahun kepemimpinannya sebagai Rektor, dirinya bersama aemua jajaran dan seluruh komponen di ITN Malang akan terus bekerja keras agar dapat mencapai semua target yang telah ditetapkan.

“Beberapa program prioritas dua tahun ke depan ini antara lain masalah tata kelola, akreditasi institusi, akreditasi program studi, pembukaan program studi baru, meningkatkan penelitian publikkasi dan keikutsertaan mahasiswa dalam kompetisi kompetisi nasional yang diselenggarakan oleh pendidikan tinggi,” ungkap Abraham Lomi.

Dengan semua pencapaian target yang telah ditetapkan sebelumnya diharapkan generasi sekarang yang kita bina di ITN Malang untuk menjadi pemimpin
adalah generasi yang tangguh dan siap bersaing.

“Apalagi dituntut juga adanya networking sehingga tidak hanya nasional saja tetapi juga internasional sehingga harus memiliki kemampuan bahasa Inggris dan networking keluar negeri yang harus ditingkatkan,” pungkas Rektor ITN Malang periode 2021-2023, Prof. Dr. Eng. Ir. Abraham Lomi, MSEE. (A.Y)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini