6 Kampung Tematik Kota Malang Kembang Kempis Bertahan

Baca Juga

Plt. Walikota Malang tawari Teh Pucuk Harum Gelar Event Kuliner Skala Nasional di Kota Malang

Kota Malang – Bertempat di lapangan Rampal kota Malang, event festival kuliner ‘Pucuk Coolinary Festival’ dibuka secara resmi sekitar...

1,5 Bulan Ini Naga Menghidupi Ibunya Seorang Diri

Anak 8,5 tahun mengemis untuk hidupi ibunya yang patah tulang korban kecelakaan. ADADIMALANG - Tidak ada yang menyangka bahwa roda...

Organisasi Pemuda Internasional AIESEC lakukan Studi Budaya ke KBP

Mahasiswa Asing mendominasi kunjungan studI budaya AIESEC ke Kampung Budaya Polowijen. Kota Malang - Didominasi oleh mahasiswa asing, orgaanisasi Association...

Pokdarwis akan mulai giatkan even dan melakukan banyak penguatan.

ADADIMALANG – Pandemi Covid-19 yang sudah satu tahun lebih belum juga usai, membuat kampung tematik di kota Malang kembang kempis.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Forum Komunikasi Kelompok Sadar Wisata (Forkom Pokdarwis) kota Malang, Isa Wahyudi.

Menurut pria yang akrab disapa Ki Demang ini, kondisi pandemi covid-19 membuat jumlah pengunjung kampung tematik di kota Malang menurun drastis.

“Terjadi penurunan hingga 85 persen akibat pandemi covid-19 dan akhirnya sebagian besar tidak beroperasional atau tidak buka,” ungkap Ki Demang.

Bahkan saat kondisi kian memperihatinkan, Isa Wahyudi bersama 20 kampung tematik lainnya hendak mulai beroperasional lagi justru terkendala dengan pelaksanaan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Masih dalam kondisi sepi seperti ini kami tengah berjuang untuk mempersiapkan even di kampung tematik kota Malang agar dapat berkegiatan kembali,” jelas Ki Demang.

Menurut pria yang juga penggagas Kampung Budaya Polowijen (KBP) Malang tersebut, dari 21 kampung tematik di kota Malang diketahui ada 6 kampung tematik yang kondisinya sangat kembang kempis.

“Yang 15 lainnya aktif meski dengan semua keterbatasan yang ada, sementara yang 6 sudah kembang kempis sekali dan besar kemungkinan akan tutup atau tidak beroperasional sebagai kampung tematik lagi,” ungkap Ki Demang.

Melihat kondisi tersebut, Pokdarwis menurut Isa Anshori telah melaksanakan beberapa rencana untuk menggeliatkan dunia pariwisata di kota Malang khususnya di kampung tematik.

“Saat ini kami telah melaunching 40 rencana even kampung tematik yang sudah masuk dalam 50 program even Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) kota Malang dan beberapa rencana lainnya,” ungkap Isa Wahyudi.

Terkait enam kampung tematik yang kondisinya sangat kembang kempis, Pokdarwis ditegaskan akan melakukan penguatan-penguatan di tahun 2021 agar kondisinya dapat lebih baik dan mampu berkegiatan kembali.

“Pelaku wisata di kampung tematik sudah banyak yang banting setir untuk memenuhi kebutuhan mereka. Herannya kok belum ada bantuan dari Pemerintah Kota untuk memperkuat ketahanan ekonomi pelaku wisata ini ya,” ungkap Isa Wahyudi keheranan.

Isa mengakui pernah menerima sekali bantuan dari salah satu OPD di kota Malang yang menyalurkan bantuan dari Kementerian di pusat.

“Kalau yang lainnya itu difasilitasi dalam hal mengikuti pelatihan-pelatihan untuk peningkatan skill atau kemampuan, tapi bantuan yang lain belum,” ungkap Ki Demang siang hari tadi usai menerima kunjungan Kokisi B DPRD Provinsi Jawa Timur di Kampung Budaya Polowijen (KBP). (A.Y)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Berita Terbaru

Peduli Penyandang Disabilitas, Apotek Kimia Farma Malang Salurkan CSR

Bersama PPPA Darul Quran, Kimia Farma mengajak berbuka puasa dan berikan paket sembako. ADADIMALANG - Dalam momentum bulan Ramadan memang...

Swiss Belinn Hotel Malang Tawarkan Jajanan dan Menu Tradisional Untuk Berbuka Puasa

Banyak masyarakat yang tertarik dengan Festival Ramadan di Swiss Belinn Malang. ADADIMALANG - Menyadari masyarakat kota Malang memiliki selera yang berbeda dengan masyarakat daerah lainnya,...

Tumbuhkan Animo Pengunjung Kampung Tematik, Mahasiswa Unmer Malang Magang Di KBP

Buat kegiatan hingga mempublikasikannya melalui media sosial. ADADIMALANG - Dalam rangka menumbuhkan ketertarikan masyarakat untuk datang ke kampung tematik yang ada di kota Malang, sejumlah...

Derajat Takwa dan Dimensi Kemanusiaan

Hikmah Ramadan Hari Ke-11 ADADIMALANG - Menjadi suatu keharusan bagi umat Islam untuk senantiasa meningkatkan keimanan dan ketakwaan pada Allah SAW yang telah memberikan anugerah...

Wawali Sofyan Edi Apresiasi Gerakan Penghijauan bertajuk ‘Restore Our Earth’

Tanam pohon Pule ke 4.468 di SMP Katolik Santa Maria I Kota Malang ADADIMALANG - Dalam rangka turut serta dalam pelestarian dan menjaga lingkungan, SMP...
- Advertisement -

Berita Terkait