Polinema Jajaki Kerjasama Dengan Lanud Abdul Rahman Saleh

ADADIMALANG – Direktur Politeknik Negeri Malang (Polinema), Drs. Awan Setiawan, M.MT., M.M., bersama Ketua Jurusan Teknik Mesin, Kaprodi D-III Teknologi Pemeliharaan Pesawat Udara (TPPU) dan Kepala UPT Humas melakukan kunjungan kerja ke Lanud Abdul Rachman Saleh siang hari kemarin, Rabu (14/4/2021).

Kunjungan yang dilaksanakan dalam rangka penjajagan kerjasama tersebut diterima oleh Komandan Lanud Abdul Rachman Saleh, Marsma TNI Wayan Superman didampingi oleh Danwing 2, Dandepo Har 30 serta  Kolonel Lek Dr. Ir. Arwin Datumaya Wahyudi Sumari, S.T., M.T. yang juga merupakan Dosen Luar Biasa di Polinema.

“Jurusan Teknik Mesin memiliki Prodi D-III Teknologi Pemeliharaan Pesawat Udara yang diharapkan dapat berkolaborasi dengan Lanud Abdul Rachman Saleh terutama bagi mahasiswa D-III TPPU untuk melakukan kunjungan, PKL dan magang yang merupakan program wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa selama tiga bulan,” ungkap Drs. Awan Setiawan, M.MT., M.M..

Selain itu diharapkan juga terjadi kolaborasi di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta kuliah umum dan dosen industri dari Lanud Abdul Rachman Saleh.

Menanggapi kunjungan tersebut, Danlanud Abdul Rachman Saleh, Marsma TNI Wayan Superman menyambut dengan sangat antusias dan meminta jajarannya untuk dapat menyiapkan ruang lingkup yang dapat dikerjasamakan dengan Polinema.

“Kami membuka diri untuk kerjasama di bidang pendidikan. Saat ini Lanud Abdul Rachman Saleh memiliki sarana prasarana dan sumber daya manusia dimana selama ini kerjasama yang telah ada dengan perguruan tinggi berupa PKL, namun untuk kerjasama secara resmi selama saya menjabat baru dengan Polinema ini. Harapan saya, ayo kita buat pintar bangsa ini, generasi muda harus pintar,” kata Danlanud Abdul Rahman Saleh.

Rencananya akan ada dua MoU yang akan dibuat yaitu dengan Lanud Abdul Rahman Saleh dan dengan Depo Pemeliharaan 30.

Dosen Luar Biasa Polinema, Kolonel Lek Dr. Ir. Arwin Datumaya Wahyudi Sumari, S.T., M.T.,  mengatakan dengan adanya kerjasama ini maka diharapkan Polinema dapat membantu pelaksanaan tugas di TNI AU seperti sistem informasi logistik dan sistem personil.

“Kerjasama ini juga dapat meningkatkan cinta dirgantara khususnya bagi mahasiswa. TNI merupakan bagian dari rakyat. Lanud Abdul Rachman Saleh sangat terbuka untuk melakukan kerjasama,” kata Kolonel Lek Arwin.

Masih dalam momen yang sama, Komandan Depo Pemeliharaan 30, Kolonel Rudolf P. Buulolo, S.E., M.M., menjelaskan bahwa Depo Pemeliharaan 30 berkecimpung pada pemeliharaan engine pesawat propeler untuk jenis pesawat Cassa dan Hercules.

“Bagi kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta kegiatan mahasiswa, dosen industri dari Depo Pemeliharaan 30 dapat mengajar di Polinema. Teknisi lulusan SMA/SMK yang ada di Depo Har 30 juga dapat meningkatkan jenjang pendidikannya melalui program RPL di jenjang D-III di Polinema,” ungkap Direktur Polinema.

Setelah melakukan pertemuan dengan Danlanud Abdul Rahman Saleh, Direktur Polinema berkesempatan mengunjungi Skadron Teknik, Depo Pemeliharaan 30 dan beberapa bengkel yang ada di Depo Pemeliharaan 30. (A.Y)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini