Bawaslu Kota Malang Sosialisasikan Rekruitmen Panwas Kecamatan

Anggota Bawaslu Kota Malang, Erna Al Maghfiroh, S.T. saat menyampaikan sosialisasi terkait perekrutan Panwas tingkat Kecamatan di Hotel Grand Palace Kota Malang pagi tadi, Minggu (18/09/2022)
Anggota Bawaslu Kota Malang, Erna Al Maghfiroh, S.T. saat menyampaikan sosialisasi terkait perekrutan Panwas tingkat Kecamatan di Hotel Grand Palace Kota Malang pagi tadi, Minggu (18/09/2022)

Diikuti perwakilan organisasi masyarakat, organisasi kepemudaan hingga organisasi kemahasiswaan.

ADADIMALANG – Bertempat di Hotel Grand Palace Kota Malang, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Malang menggelar sosialisasi perekrutan Pengawas Pemilu Kecamatan pagi tadi, Minggu (18/09/2022).

Dalam sosialisasi yang diikuti 50 orang yang merupakan perwakilan organisasi masyarakat (ormas), Organisasi Kepemudaan serta Organisasi Kemahasiswaan tersebut dijelaskan tentang fungsi dan tugas dari Bawaslu termasuk Panwaslu di tingkat Kecamatan.

“Ada sekitar 50 orang peserta yang hadir dan mengikuti sosialisasi perekrutan Panwaslu Kecamatan hari ini,” ungkap Anggota Bawaslu Kota Malang, Erna Al Maghfiroh, S.T.

Menurut perempuan yang mengisi materi sosialisasi kali ini, Bawaslu Kota Malang akan melakukan rekruitmen atau pendaftaran Pengawas Pemilu tingkat Kecamatan (Pawascam) yang akan ditempatkan di lima kecamatan di kota Malang.

Dengan adanya sosialisasi kali ini, diharapkan akan ada banyak masyarakat Kota Malang yang akan mendaftar menjadi Panwaslu Kecamatan untuk pengawasan pesta demokrasi baik Pilkada ataupun Pemilu.

“Rencananya pendaftaran Panwas Kecamatan akan dimulai tanggal 21 September 2022 dengan mengisi formulir pendaftaran termasuk melengkapi berkas-berkas administrasi yang diperlukan. Dan masa kerjanya nanti akan sampai awal tahun 2025 mendatang,” ujar Erna.

Masyarakat yang ingin mendaftar sebagai Panwaslu tingkat kecamatan dapat mengunduh formulir pendaftaran di website Bawaslu Kota Malang atau langsung datang ke kantor Bawaslu kota Malang di Jalan Teluk Cendrawasih nomor 1 Arjosari untuk mengambil formulir pendaftaran.

“Setelah memasukkan pendaftaran yang dilengkapi syarat-syarat yang telah ditentukan, maka pendaftar akan mengikuti proses ujian atau tes. Jika lolos tes tulis maka akan mengikuti tes wawancara,” ujar Perempuan berhijab ini.

Petugas Pengawas Pemilu tingkat Kecamatan yang akan direkrut di setiap Kecamatan menurut Erna jumlahnya minimal 6 orang sehingga untuk kota Malang akan ada minimal 30 petugas Panwaslu tingkat kecamatan yang akan direkrut.

“Batas minimal usia 25 tahun dan tidak ada batasan maksimal usianya berapa. Ingat ya, pendaftaran dibuka sejak tanggal 21 September 2022 besok hingga 27 September 2022 ini,” ungkap Erna Al Maghfiroh. (A.Y)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini