Beri Pendidikan Lingkungan Pada Siswa SMPN 3, Ini Harapan Pembina Lingkungan Bambang Irianto

Siswa kelas IX SMPN 3 Kota Malang mengunjungi Taman Garuda RW 19 Purwantoro dalam program Alumni Mengajar Arpilu
Siswa kelas IX SMPN 3 Kota Malang mengunjungi Taman Garuda RW 19 Purwantoro dalam program Alumni Mengajar Arpilu

Masuk dalam list alumni SMPN 3 yang memberikan materi ajar kepada para siswa SMPN 3 Kota Malang dalam program Alumni Mengajar.

ADADIMALANG – Sebanyak 60 orang siswa SMP Negeri 3 Kota Malang mulai pagi hari kemarin (18/11/2022) melakukan kunjungan ke Wonosari Go Green di RW 19 Purwantoro.

Selain berkunjung ke RW 19 yang fikenal dengan julukan Kampung Lansia dan Kampung Pancasila ini, siswa kelas IX dari dua kelas di SMPN 3 Kota Malang juga berkunjung ke Rumah Prestasi Glintung Go Green (3G) untuk mendapatkan materi dari Ir. H. Bambang Irianto, inisiator dan manajer Glintung Go Green (3G) yang merupakan Pembina Lingkungan tingkat Nasional dari Kota Malang.

Kepada para siswa, Bambang Irianto yang juga alumni SMPN 3 Kota Malang tahun 1973 (Arek Pitu Telu/Arpilu) tersebut menyampaikan materi tentang bagaimana membangun kampung Glintung Go Green hingga mendapat pengakuan tingkat dunia atau internasional.

“Jadi kunjungan para siswa SMPN 3 Kota Malang ini bukanlah kegiatan saya pribadi, melainkan kegiatan Arpilu yang melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan untuk peringatan 50 tahun Arpilu di tahun 2023 mendatang. Dan salah satu kegiatannya adalah Alumni Mengajar, dimana saya menjadi salah satu alumni yang memberikan materi kepada para siswa kelas IX SMPN 3 Kota Malang,” ungkap Bambang Irianto.

Siswa dan Guru SMPN 3 Kota Malang usai mengikuti materi dari Bambang Irianto di Rumah Prestasi Glintung Go Green (3G)
Siswa dan Guru SMPN 3 Kota Malang usai mengikuti materi dari Bambang Irianto di Rumah Prestasi Glintung Go Green (3G)

Berbagai proses panjang yang dijalani dalam pembangunan Kampung Glintung Go Green (3G) disampaikan oleh Bambang Irianto termasuk berbagai prestasi dan pengakuan dari banyak pihak atas keberhasilan dalam menjalankan program Water Banking Movement (Gerakan Menabung Air) tersebut.

“Materi yang saya berikan adalah best practice dari pembangunan Kampung Tematik Glintung Go Green (3G) yang mendapatkan banyak prestasi hingga ke kancah internasional,” ungkap petauh Piala Kalpataru untuk Kategori Pembina Lingkungan ini.

Bambang Irianto berharap materi dan wawasan yang diberikannya tersebut akan mampu memotivasi dan menginspirasi para siswa SMPN 3 Kota Malang tersebut untuk mampu mengembangkan potensi diri yang dimilikinya.

“Dari seorang alumni SMPN 3 Kota Malang yang membangun sebuah kampung di tingkat RW ternyata mampu meraih penghargaan dan prestasi hingga tingkat internasional. Oleh karena itu saya berikan motivasi kepada para siswa agar terpacu untuk mengembangkan potensinya,” jelas Bambang Irianto.

Perlu diketahui, program Alumni Mengajar Arpilu SMPN 3 Kota Malang akan dilaksanakan setiap hari Jumat, dimana setiap kegiatan akan diikuti oleh 60 siswa dari dua kelas dari keseluruhan 10 kelas yang akan diikutsertakan mengikuti program tersebut.

Salah satu Guru SMPN 3 Kota Malang yang mendampingi kunjungan para siswa yakni Utin Kustianing menyampaikan apresiasinya atas bhakti alumni angkatan 73 (Arpilu) melalui program Alumni Mengajar untuk dapat memberikan wawasan dan motivasi kepada para siswa kelas IX SMPN 3 Kota Malang saat ini.

“Saya melihat kegiatan ini sangatlah bermanfaat, semoga tidak berhenti di sini saja ya. Aamiin,” harap Utin. (A.Y)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini