90 Mahasiswa Asing ikuti DT di wilayah Malang Raya

Kota Malang – Perkembangan informasi, komunikasi dan teknologi yang luar biasa menjadikan pembentukan jaringan (networking) sangatlah diperlukan. Hal tersebut juga diperlukan di dunia kampus yang terus membangun jejaring dengan berbaga pihak baik di Indonesia ataupun di luar negeri. Terkait dengan pembangunan jejaring di luar negeri, membuat keberadaan Kantor Urusan International (KUI) wajib dimiliki oleh sebuah perguruan tinggi di Indonesia yang sudah mulai banyak didirikan.

Salah satu wujud kerjasama Konsorsium Kantor Urusan International (KKUI) yang beranggotakan 13 Perguruan Tinggi  di kota Malang adalah melaksanakan kegiatan bersama yang diberi nama Design Thinking (DT) Camp 2018 mulai tanggal 22 Juli 2018 hingga tanggal 1 Agustus 2018.

Kegitan Design Thinking (DT) Camp 2018 dengan tema ‘Tasting the Natural and Cultural Heritage of Malang’ ini diikuti oleh 90 orang mahasiswa dari 20 negara yang akan mengikuti berbagai kegiatan di wilayah kota dan kabupaten Malang serta kota Batu selama 10 hari.

“Semoga Design Thinking Camp 2018 ini bisa menjadi media pembelajaran untuk saling mengenal budaya dan bisa menjadi ajang promosi Malang Raya di kancah international yang tentunya akan membawa manfaat bagi masyarakat,” ungkap Rektor Universitas Brawijaya (UB), Nuhfil Hanani AR.

Ditemui di lokasi yang sama pasca pembukaan DT, Ketua Konsorsium KUI Malang Raya, Suparto menjelaskan bahwa salah satu tujuan pelaksanaan kegiatan DT Camp tersebut adalah untuk memperkenalkan Malang Raya ke dunia International.

“Karena Malang Raya ini memang layak untuk dijadikan destinasi wisata serta tempat menempuh pendidikan, sehingga para mahasiswa asing ini tahu tidak salah jika mereka kemudian memilih menempuh pendidikan di Malang ini,” ungkap Suparto yang berasal dari kampus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini..

Dalam kegiatan Design Thinking (DT) tersebut para mahasiswa akan mengikuti kegiatan mengelola sampah di kota Batu bersama Universitas Universitas Ma Chung, Muhamadiyah Malang (UMM) dan Universitas Islam Malang (Unisma). Selain itu juga akan dilaksanakan kegiatan berinteraksi dengan masyarakat nelayan di Desa Tambak Rejo Kabupaten Malang bersama STIE Malang Kucecwara, Polinema dan STIKI Malang. (A.Y)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini