Ada Kain Kasa Bermotif Batik Nusantara

Baca Juga

Plt. Walikota Malang tawari Teh Pucuk Harum Gelar Event Kuliner Skala Nasional di Kota Malang

Kota Malang – Bertempat di lapangan Rampal kota Malang, event festival kuliner ‘Pucuk Coolinary Festival’ dibuka secara resmi sekitar...

1,5 Bulan Ini Naga Menghidupi Ibunya Seorang Diri

Anak 8,5 tahun mengemis untuk hidupi ibunya yang patah tulang korban kecelakaan. ADADIMALANG - Tidak ada yang menyangka bahwa roda...

Organisasi Pemuda Internasional AIESEC lakukan Studi Budaya ke KBP

Mahasiswa Asing mendominasi kunjungan studI budaya AIESEC ke Kampung Budaya Polowijen. Kota Malang - Didominasi oleh mahasiswa asing, orgaanisasi Association...

Dibuat dengan bahan dasar telur Tarantula yang dapat mempercepat penyembuhan luka.

ADADIMALANG – Setiap kali muncul luka, maka kain kasa selalu dibutuhkan dalam proses pengobatannya.

Namun kali ini ada yang unik dati kain kasa yang bisa dipergunakan untuk penanganan medis, karena kain kasa tersebut memiliki motif batik nusantara.

Keunikan kain kasa buatan lima mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) ini tak berhenti sebatas motifnya saja, karena kain kasa tersebut dibuat dengan bahan dasar telur Tarantula yang disebut-sebut pula dapat mempercepat proses penyembuhan.

Lima mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) yang tergabung dalam tim Sanitarian Youngest Media Corporation (SIRYM) ini antara lain Rizki Senna S, Ilham Maulana D, Resti Oktaviarni, Yushidayah N S dan Molanika S. yang berhasil menemukan produk kasa terbaru dengan berbahan dasar sarang telur Tarantula.

Penemuan lima mahasiswa UB lintas fakultas ini menurut dosen Pembimbingnya yakni Zulfaidah Penata Gama, merupakan Inovasi yang sangat baik karena bahan pembuatannya juga dari bahan alami, sehingga tidak menimbulkan iritasi atau alergi kulit dan lebih efektif untuk penyembuhan luka.

“Kain Kasa bermotif batik nusantara dari telur Tarantula ini merupakan inovasi terbaru untuk membantu penyembuhan luka dengan lebih cepat dan aman. Kandungan protein yang terdapat dalam sarang telur tarantula dapat membantu mempercepat penyembuhan luka,” ungkap Manajer Utama Tim, Rizki Senna S.

Rizki menambahkan jika penyembuhan luka dengan penggunaan sarang telur Tarantula mengakibatkan adanya peningkatan jumah sel fibroblas, sintesis kolagen, kekuatan tensile, kontraksi luka dan periode epitelisasi.

“Aksi penyembuhan luka terjadi karena kandungan protein yang ada pada sarang telur tarantula, sehingga dapat membantu penyembuhan luka dengan lebih cepat dan aman,” ujar Rizki.

Sarang telur Tarantula selama ini dipandang sebelah mata oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, padahal menurut Rizki, semua sarang telur Tarantula menyimpan berjuta manfaat yang jarang diketahui.

“Kandungan protein fibroin atau fibrinoin yang tinggi membuat sarang telur tarantula mampu membantu mempercepat penghentian darah serta penyembuhan pada luka terbuka,” ujar manajer produksi tim, Yushidah N S.

Sarang telur Tarantula yang diolah menjadi kain kasa tersebut didapat dari hasil pembudidayaan selama dua bulan sebelum sarang telur tarantula dipanen dimana pembudidayaan tersebut dilakukan dengan bekerjasama bersama mitra pecinta atau kolektor Tarantula yang ada di Indonesia. Salah satu mitranya adalah Ming Cu, pemilik sekaligus mitra Tarantula terbesar di Indonesia.

Sementara itu, Ilham Maulana Dandi yang merupakan Manajer Pemasaran Tim SIRYM menyampaikan bahwa produk kasa yang diberi merek KASPRO ini juga memiliki motif batik khas Nusantara yang didesain modis serta memperhatikan cara pemakaian yang praktis dan ekonomis.

“Terdapat dua jenis produk KASPRO, yaitu kasa gulung dan kasa plester yang didesain menarik karena secara khusus kita desain dengan batik khas Nusantara, ya harapannya bisa memperkenalkan batik khas Nusantara juga kepada masyarakat, sehingga bisa menarik konsumen juga,” ungkap Ilham.

Kain Kasa KASPRO ke depan diharapkan dapat menjadi produk kasa unggulan Indonesia dan dapat membantu memperbanyak kerjasama kemitraan dan sektor pasar. (A.Y)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Berita Terbaru

UB Mendapat Kepercayaan Pemprov Jatim Layarkan Satu Kapal Pelayanan Kesehatan

Akan memberikan pelayanan kesehtan bagi daerah kepulauan yang sulit dijangkau dengan jalur darat. ADADIMALANG - Dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan...

Jawa Timur Menjadi Provinsi Pertama Yang Masuk Level 1

Tersisa Kota Blitar yang masih zona Orange, Gubernur Jatim minta semua tidak kendor protokol kesehatan. ADADIMALANG - Provinsi Jawa Timur menjadi Provinsi pertama dan satu-satunya...

Sandiaga Uno Diapresiasi Sebagai Pemimpin Solutif Dan Gercep

Mampu cepat penuhi keinginan Pengurus Masjid untuk mengganti karpet yang telah usang. Lumajang ADADIMALANG - Ada hal yang tak terduga saat Menteri Pariwisata dan Ekonomi...

Gubernur Jawa Timur Apresiasi Dan Semangati Nakes Di UB

Ajak semua orang yang hadir berdiri dan menyanyikan lagu Padamu Negeri bersama Tenaga Kesehatan. ADADIMALANG - Ada yang menarik dalam kunjungan Gubernur Jawa Timur Drs...

Ikatan Alumni UB Gelar Vaksinasi Hingga Delapan Ribu Selama Empat Hari

Gubernur Jatim Dan Forkopimda Jawa Timur hadir memberikan apresiasi kepada Universitas Brawijaya yang getol melaksanakan vaksinasi. ADADIMALANG - Semenjak kasus paparan Covid-19 semakin meningkat dan...
- Advertisement -

Berita Terkait