Peduli Kampung Halaman, AMAL Gelar Penggalangan Dana Korban Bencana NTT

Baca Juga

Plt. Walikota Malang tawari Teh Pucuk Harum Gelar Event Kuliner Skala Nasional di Kota Malang

Kota Malang – Bertempat di lapangan Rampal kota Malang, event festival kuliner ‘Pucuk Coolinary Festival’ dibuka secara resmi sekitar...

1,5 Bulan Ini Naga Menghidupi Ibunya Seorang Diri

Anak 8,5 tahun mengemis untuk hidupi ibunya yang patah tulang korban kecelakaan. ADADIMALANG - Tidak ada yang menyangka bahwa roda...

Organisasi Pemuda Internasional AIESEC lakukan Studi Budaya ke KBP

Mahasiswa Asing mendominasi kunjungan studI budaya AIESEC ke Kampung Budaya Polowijen. Kota Malang - Didominasi oleh mahasiswa asing, orgaanisasi Association...

Diikuti pelbagai organisasi daerah asal kabupaten Lembata NTT.

ADADIMALANG – Bencana banjir bandang yang terjadi di Nusa Tenggara Timur (NTT) hari Minggu dini hari lalu (04/04/2021) telah menimbulkan banyak korban.

Salah satu kabupten yang terdampak bencana ini adalah Kabupaten Lembata NTT yang menyebabkan beberapa kecamatan di kabupaten Lembata merasakan dampaknya secara langsung, seperti kecamatan Ile Ape, Ile Ape Timur dan Omesuri.

Di tiga kecamatan tersebut banyak rumah warga dan tempat ibadah ambruk tak tersisa diterjang banjir bandang termasuk akses jalan terputus terendam lumpur.

Belum lagi korban jiwa baik orang dewasa, lansia dan anak-anak yang menjadi korban dan masih dalam proses pencarian tim penyelamat saat ini.

Terkait bencana tersebut, Aliansi Mahasiswa Lembata (AMAL) Malang secara berkelompok melakukan aksi penggalangan dana di jalan Veteran dan jalan Bendungan Sigura-Gura kota Malang mulai pukul 10.00 WIB tadi, Selasa (06/04/2021).

Penggalangan dana yang terbagi di dua lokasi ini diikuti sekitar 50 orang dari pelbagai organisasi daerah asal Kabupaten Lembata seperti Ikatan Keluarga Besar Lembata (IKBL) selaku Fasilitator, Gerakan Mahasiswa Olahraga Hering Ile Ape (GEMOHING), Ikatan Mahasiswa Kedang Malang (IMAKMA), Komunitas Mahasiswa Pelajar Lebatukan (KOMPLEN), Lewoleba Kota (LEKOT), Ikatan Mahasiswa Atadei (IMADEI), Pante Selatan (PANSER).

Selain itu juga diikuti oleh anggota Ikatan Mahasiswa Hingalamamengi (KOMAHI), Ikatan Mahasiswa Lembata IKIP (IMLIK), Ikatan Mahasiswa Lembata Kanjuruhan (IMALEMKA), Himpunan Mahasiswa Lembata Unmer (HIMALUM) dan Himpunan Mahasiswa Ohe Kolontobo (HIMOKOM).

Penggalangan Dana Untuk Korban Bencana Lembata NTT (Foto : Asthy)

Rasa kekekuargaan dan rasa cinta akan Lewotanah (kampung halaman) membuat para mahasiswa asal Lembata tergerak melaksanakan penggalangan dana yang diharapkan dapat meringankan beban korban bencana banjir bandang di Lembata.

“Bagi kami bencana di provinsi NTT adalah salah satu bencana yang paling mengerikan di abad ini dimana bencana yang melanda beberapa daerah di NTT ini adalah suatu musibah yang harus kita sikapi. Sehingga atas nama kemanusian, atas nama persaudaraan sejati kami hadir turun ke jalan sebagai bentuk persaudaraan kami, karena duka mereka adalah duka kami juga,” ujar Penanggung Jawab Umum Penggalangan Dana, Goldensius R. Langun.

Menurut pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Ikatan Keluarga Besar Lembata (IKBL) Malang ini, bencana di NTT diharapkan dapat segera mereda sehingga masyarakat dapat melakukan aktivitas sebagaimana biasanya.

Penggalangan dana dilakukan di dua lokasi (Foto : Asthy)

Ditemui di sela-sela kegiatan penggalangan dana, Koordinator Lapangan (Korlap) Komunitas Mahasiswa Hingalamamengi (KOMAHI) Malang, Abdurrafik Al Ghazali  menegaskan aksi penggalangan dana merupakan wujud kepedulian dan rasa cinta kepada masyarakat Lembata yang tertimpa musibah bencana banjir bandang kali ini.

“Maka dari itu, AMAL turun kejalan untuk melakukan penggalangan dana walapun hasilnya tidak seberapa tetapi setidaknya bisa membantu masyarakat yang terdampak,” pungkas Abdurrafik Al Ghazali. (Red/Ast)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Berita Terbaru

Tumbuhkan Animo Pengunjung Kampung Tematik, Mahasiswa Unmer Malang Magang Di KBP

Buat kegiatan hingga mempublikasikannya melalui media sosial. ADADIMALANG - Dalam rangka menumbuhkan ketertarikan masyarakat untuk datang ke kampung tematik yang...

Derajat Takwa dan Dimensi Kemanusiaan

Hikmah Ramadan Hari Ke-11 ADADIMALANG - Menjadi suatu keharusan bagi umat Islam untuk senantiasa meningkatkan keimanan dan ketakwaan pada Allah SAW yang telah memberikan anugerah...

Wawali Sofyan Edi Apresiasi Gerakan Penghijauan bertajuk ‘Restore Our Earth’

Tanam pohon Pule ke 4.468 di SMP Katolik Santa Maria I Kota Malang ADADIMALANG - Dalam rangka turut serta dalam pelestarian dan menjaga lingkungan, SMP...

Implementasi Kampus Merdeka, FISIP UB Tandatangani Kerjasama Bersama Nava+ Group

Upaya mewujudkan kualitas SDM memiliki skill dan spesifikasi yang dibutuhkan oleh dunia kerja. ADADIMALANG - Sebagai wujud implementasi dari Kampus Merdeka, Fakultas Ilmu Sosial dan...

PT KAI Salurkan Bantuan Rp.50 Juta Bagi Korban Gempa Bumi Kabupaten Malang

Berikan dalam bentuk 303 paket sembako untuk kebutuhan masyarakat. ADADIMALANG - Kepedulian terhadap warga masyarakat Kabupaten Malang yang menjadi korban atau terdampak bencana gempa bumi (10/04)...
- Advertisement -

Berita Terkait