Ini Cara Dosen Prodi Sastra Inggris UIN Maliki Berbagi Ilmu Saat Pandemi Covid-19

Baca Juga

Plt. Walikota Malang tawari Teh Pucuk Harum Gelar Event Kuliner Skala Nasional di Kota Malang

Kota Malang – Bertempat di lapangan Rampal kota Malang, event festival kuliner ‘Pucuk Coolinary Festival’ dibuka secara resmi sekitar...

1,5 Bulan Ini Naga Menghidupi Ibunya Seorang Diri

Anak 8,5 tahun mengemis untuk hidupi ibunya yang patah tulang korban kecelakaan. ADADIMALANG - Tidak ada yang menyangka bahwa roda...

Organisasi Pemuda Internasional AIESEC lakukan Studi Budaya ke KBP

Mahasiswa Asing mendominasi kunjungan studI budaya AIESEC ke Kampung Budaya Polowijen. Kota Malang - Didominasi oleh mahasiswa asing, orgaanisasi Association...

ADADIMALANG – Pandemi akibat Covid-19 yang masih belum usai hingga saat ini telah begitu membawa dampak kepada banyak linikehidupan masyarakat. Begitu pula dunia pendidikan, yang harus merubah pola penyampaian materi pendidikan atau kuliah dari luring menjadi daring. Termasuk dengan para pengajar di perguruan tinggi yang banyak melakukan pekerjaan dari rumah (Work From Home/WFH).

Kepadatan waktu memberikan kuliah secara luring dan daring pasti akan berbeda, termasuk dengan beban kerja dan waktu yang diberikan.

Meski masih harus memberikan pendidikan kepada para mahasiswanya secara daring, beberapa dosen muda dari Program Studi (Prodi) Sastra Inggris Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang masih menyempatkan diri untuk berbagi keilmuan bersama para mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia selama lebih dari empat bulan lamanya.

“Jadi para dosen muda dari Prodi Sastra Inggris UIN Maliki Malang ini melaksanakan webinar mulai bulan Februari 2021 lalu hingga hari ini dengan tajuk Lecture Series sebanyak 18 kali. Siang tadi merupakan Lecture Series terakhir untuk tahun 2021 ini,” ungkap Plt Sekretaris Prodi Sastra Inggris UIN Maliki Malang, Muhammad Edy Thoyib, M.A kepada AdaDiMalang Rabu tadi (25/08/2021).

Alasan dibuatnya Lecture Series tersebut menurut Edi disebabkan beberapa hal dimana salah satunya di musim pandemi Covid-19 ini mahasiswa tinggal di rumah saja.

“Oleh karena itu kita ingin memberikan pelayanan selain akademi berupa lecture series yang dibuka untuk umum khususnya mahasiswa Strata Satu (S1) dari seluruh perguruan tinggi secara daring,” ungkap Edy Thoyib.

Selain itu, lecture series yang digelar sebanyak 18 kali tersebut sengaja diisi oleh para dosen muda Prodi Sastra Inggris UIN Maliki Malang yang akan dipasangkan dengan dosen muda perguruan tinggi lain sebagai pemateri dengan tema sesuai dengan bidang keilmuannya masing-masing.

“Selain berbagi atau sharing keilmuan yang dimilikinya, cara ini juga dalam rangka mempromosikan dosen muda kepada masyarakat yang lebih luas lagi sesuai bidang keilmuannya. Orang atau masyarakat dari civitas akademika perguruan tinggi lain akan mendapatkan referensi tentang dosen muda kita, yang mungkin suatu saat diperlukan untuk kepentingan mereka,” ujar pria ramah asal Lamongan Jawa Timur ini.

Selain memberikan keilmuan di saat masa pandemi Covid-19 ini, lecture series tersebut diharapkan dapat menjadi ajang silahturahmi para alumni Prodi Sastra Inggris Fakultas Humaniora, UYIN Maliki Malang untuk turut mengabdi.

“Jadi dalam lecture series tersebut selain dosen muda Prodi Sastra Inggris UIN Maliki Malang akan selalu ada partner pemateri dari luar yang 90 persen merupakan alumni Sastra Inggris. Sehingga dengan cara seperti ini dapat menjaring silahturahmi dengan alumni dan mereka turut berkontribusi dalam pengembangan prodi kita ini,” ungkap Edy.

Dari pelaksanaan 18 kali lecture series tersebut, Edy menjelaskan respon terhadap kegiatan tersebut sangat bagus baik dari mahasiswa UIN Maliki Malang ataupun mahasiswa luar dimana setiapkali pelaksanaannya hanya dibatasi 100 orang peserta saja.

“Para dosen muda ini memberikan tema sesuai bidang keilmuannya dimana ada tiga bidang utama yaitu Sastra, Linguistik dan Pendidikan Bahasa Inggris. Secara average lecture series ini terisi 80 persen dimana pada pertemuan ke 17 kami justru sampai menolak-nolak peserta karena sudah melebihi kapasitas 100 orang,” ungkap pria ramah ini.

Sukses menggelar lecture series perdana di tahun 2021 ini, membuat prodi Sastra Inggris UIN Maliki berencana akan menggelar kegiatan yang serupa di tahun berikutnya.

“Mungkin kita juga akan menambah dosen senior untuk turut bergabung yang tentunya pesertanya akan berbeda alias tidak lagi under graduate lagi,” ujar Plt Sekretaris Prodi Sastra Inggris UIN Maliki Malang.

Ditemui di waktu yang sama, salah satu dosen muda Sasra Inggris UIN Maliki Malang yang juga menjadi salah satu narasumber di Lecture Series ke 17, Whida Rositama mengapresiasi pelaksanaan kegiatan lecture series tersebut.

“Kita jadi dapat menambah keilmuan dengan adanya pemateri lain dari perguruan tinggi lain dan termasuk upgrade wawasan sesuai dengan perkembangan yang ada saat ini,” pungkas Whida Rositama.

Selain dilaksanakan dengan menggunakan aplikasi zoom, kegiatan lecture series tersebut juga didokumentasikan ke kanal youtube Sastra Inggris UIN Maliki sehingga dapat menambah stok rekaman materi webinar bagi yang berhalangan mengikuti kegiatan tersebut. (A.Y)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Berita Terbaru

Jamaluddin, Santri Pondok Pesantren Mamba’ul ‘Ulum Malang Juarai LBKK Ke-5V FPKS di Malang Raya 2021

Para Juara akan dikirim ke LBKK tingkat Provinsi jawa Timur. Kabupaten Malang ADADIMALANG - Setelah 71 orang peserta berjuang dalam...

Lestarikan Budaya Pesantren, PKS Se-Malang Raya Gelar Lomba Baca Kitab Kuning

ADADIMALANG - DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) se-Malang Raya kembali sukses menggelar Lomba Baca Kitab Kuning (LBKK) yang dilaksanakan secara hybrid Sabtu kemarin (27/11/2021). Kegiatan...

Tak Mau Kecolongan, Polinema Jaga Ketat Protokol Kesehatan Saat Wisuda Hybrid

Lakukan screening pendamping wisudawan sejak pintu gerbang masuk kampus. ADADIMALANG - Tidak menginginkan adanya kondisi yang tidak diinginkan saat pandemi Covid-19 ini terjadi, panitia wisuda...

Polinema Tuntaskan Tiga Gelombang Wisuda Tahun 2021

Gelombang ketiga dilaksanakan secara hybrid dengan dua sesi. ADADIMALANG - Sesuai dengan target yang telah ditetapkan sebelumnya untuk melaksanakan tiga kali gelombang wisuda tahun ajaran...

Refleksi Toleransi 2021 Di Jawa Timur Berdasarkan Catatan Riset Lapangan

Tingkat toleransi diketahui semakin menurun dari tahun ke tahun. ADADIMALANG - Menjelang akhir tahun 2021 ini, terjadinya penangkapan Ahmad Zain (AZ), anggota Majelis Ulama Indonesia...
- Advertisement -

Berita Terkait