Ini Cerita Tiga Pemeran Karakter Film Srimulat : Hidup Memang Komedi

Home | Berita | Ini Cerita Tiga Pemeran Karakter Film Srimulat : Hidup Memang Komedi
Ini Cerita Tiga Pemeran Karakter Film Srimulat : Hidup Memang Komedi

ADADIMALANG COM | Kota Malang – Berbicara tentang Srimulat, Grup Lawak asal Solo yang kemudian melegenda dan sukses di layar kaca, seakan tak ada habis-habisnya untuk dibahas dan dibicarakan. Berbagai succes story dari para anggotanya yang banyak menjadi bintang televisi juga banyak diangkat.

Setelah sebelumnya perjalanan Grup Lawak Srimulat ini diangkat dalam layar lebar melalui film yang berjudul Srimulat: Hil Yang Mustahal, kembali film yang membahas perjalanan Srimulat menjadi sukses dirilis dengan judul Srimulat : Hidup Memang Komedi.

Film yang disutradari oleh Fajras Nugros ini akan mulai ditayangkan di jaringan bioskop mulai tanggal 23 November 2023 mendatang. Dan sebelum mulai ditayangkan resmi, di kota Malang dilaksanakan Gala Premiere di Cinema XXI Transmart MX Mall hari ini (19/11/2023) yang dihadiri oleh beberapa pemain fim tersebut. Dari pantauan di lokasi, studio yang memutar film Srimulat tersebut penuh terisi sore tadi.

Media Online AdaDiMalang.com berkesempatan mewawancarai tiga dari beberapa pemain film tersebut yang hadir di Kota Malang. Salah satunya adalah Erika Carlina Batlawa Soekri, perempuan kelahiran Cilacap yang memerankan salah satu karakter sentral di Srimulat yakni Bu Djudjuk.

“Kesulitan memerankan bu Djudjuk itu banyak ya, tapi kita lihat itu lebih sebagai tantangan ya. Yang pertama dari fisik ya, pastinya kan aku harus menyerupai juga Bu Djudjuk yang berkulit kuning langsat membuat aku tidak boleh berjemur dulu, belum lagi suaraku yang serak banget sementara beliau suaranya sangat halus. Termasuk harus menaikkan berat badan agar secara fisik lebih menyerupai Bu Djujuk,” ungkap perempuan yang juga berprofesi sebagai model ini.

Erika Carlina Batlawa Soekri dan David Nurbianto saat diwawancarai wartawan AdaDiMalang.com sore tadi (Foto : Agus Yuwono)
Erika Carlina Batlawa Soekri dan David Nurbianto saat diwawancarai wartawan AdaDiMalang.com sore tadi (Foto : Agus Yuwono)

Erika mengaku belajar banyak tentang budaya Jawa saat memerankan karakter Djudjuk dan dirinya mengaku menghabiskan waktu hingga tiga bulan dalam mendalami karakter Djudjuk mulai proses reading, bonding dan pendalaman karakter.

“Dalam memerankan karakter yang ada di srimulat itu, kami memiliki tanggung jawab yang besar sekali karena kami menginginkan para penonton terutama penggemar Srimulat itu sendiri tidak kecewa. Apalagi Keluarga pak teguh dan bu Djudjuk itu keluarga besarnya kan banyak sekali bahkan ada cucunya yang sudah seumuran ama aku, jadi jangan sampai mereka nonton terus melihat para pemain tidak mirip dengan kakek nenek mereka,” ujar Erika Carlina.

Mengakhiri wawancara Erika Carlina berharap dengan film Srimulat: Hidup Memang Komedi ini dapat memberikan wawasan atau pengetahuan tentang beberapa gaya komedi yang mungkin sampai saat ini masih terus dibawakan itu sejarahnya adalah berasal dari grup Lawak Srimulat.

“Jangan lupa ya untuk nonton film Srimulat : Hidup Memang Komedi yang akan mulai ditayangkan tanggal 23 November 2023 di bioskop-bioskop di kota kalian,” pungkas Erika.

https://youtu.be/7ja484zI84E

Aldo Gudel Harus Berinteraksi Langsung Dengan Waria Untuk memperdalam karakter Mirna

Pengalaman yang berbeda disampaikan oleh Aldo Gudel, yang memerankan tokoh Mirna, sosok waria yang kemudian menjadi inspirasi dari karakter Tessy Srimulat.

“Aku yang laki banget ini harus memerankan karakter waria yang bernama Mirna yang kemudian menjadi inspirasi dari Tessy Srimulat memainkan lakon di Srimulat. Dalam melakukan persiapan ini aku juga dibantu oleh waria di daerah Jabodetabek sehingga dapat mendapat gambaran untuk memerankan gesture, cara bicara dan sharing pengalaman untuk aku dapat lebih bagus lagi dalam memerankan Mirna,” ungkap Aldo.

Berbagai pengetahuan dan wawasan baru selama memerankan Mirna menjadi pengalaman yang luar biasa bagi Aldo sehingga dirinya tetap dapat bertanggungjawab kepada Tessy Srimulat yang mengaku terinspirasi memunculkan karakternya selama bergabung di Srimulat.

“Meskipun kehidupan mereka mungkin berat namun mereka masih mau untuk berbagi dan sharing dengan aku tentang kehidupan dan pengalaman mereka sehingga dapat membantu aku memerankan Mirna ini semirip mungkin dengan karakter aslinya,” ujar Aldo Gudel.

https://youtu.be/NKOGzomSOGo

Seorang pelaku industri komedi yakni David Nurbianto yang merupakan seorang komika stand up juga masuk dalam deretan pemain film Srimulat: Hidup Memang Komedi ini.

David yang memerankan seorang floor director sebuah stasiun televisi mengaku sempat mengalami perubahan dalam kebiasaan berkomedi yang biasa ia lakukan.

“Karena saya memang seorang Stand Up komedian atau komedian panggung yang terbiasa tampil di panggung dan langsung mendapat respon penonton yang memastikan pastinya saat proses syuting tidak mendapat respon penonton apalagi crew film juga tidak diperbolehkan ketawa. Oleh karena itu bagian yang paling susah karena saya tidak dapat menjamin apa yang keluar pada saat punchline saat proses syuting itu lucu atau tidak,” ungkap David.

https://youtu.be/__SMUvddkCc

Meski demikian David mengaku mendapatkan pelajaran dan wawasan baru selama bergabung dalam pembuatan film Srimulat tersebut dimana menurut David Srimulat pandai memotret suatu keadaan di masyarakat untuk kemudian ditampilkan di panggung dalam bentuk komedi.

“Komedi itu kan lahir dari keresahan dan kegelisahan, dan Srimulat ini pandai meng-capture keadaan masyarakat dan ditampilkan menjadi produk komedi yang kemudian menjadi pemersatu bangsa. Dengan menyaksikan film Srimulat: Hidup Memang Komedi ini maka penonton akan menyaksikan film sekaligus menyaksikan pagelaran komedi Srimulat di dalamnya,” pungkas David Nurbianto. (A.Y)

Leave a Reply