Dharma Wanita Universitas Brawijaya Kunjungi Wonosari Dan Glintung Go Green

Ketua Dharma Wanita Persatuan Prasetya Universitas Brawijaya (UB) mengunjungi Wonosari Go Green dan Glintung Go Green untuk belajar tentang urban farming dari Ir. H. Bambang Irianto (Foto : Agus Yuwono)
Ketua Dharma Wanita Persatuan Prasetya Universitas Brawijaya (UB) mengunjungi Wonosari Go Green dan Glintung Go Green untuk belajar tentang urban farming dari Ir. H. Bambang Irianto (Foto : Agus Yuwono)

Pelajari urban farming dan perubahan mindset warga untuk lebih mencintai lingkungannya.

ADADIMALANG.COM | Kota Malang – Dalam mengatasi berbagai persoalan lingkungan di perkotaan, urban farming menjadi salah satu solusi bagi masyarakat perkotaan tetap menanam dengan lahan yang terbatas.

Dengan tujuan mempelajari penerapan urban farming yang dinilai sukses dijalankan, para Pengurus Dharma Wanita Persatuan Universitas Brawijaya (UB) melakukan kunjungan ke Wonosari Go Green (WNS) pagi hari tadi, Kamis (30/11/2023).

Dalam kunjungan ke wilayah RW 19 Purwantoro Kota Malang ini, sebanyak 20 orang pengurus Dharma Wanita UB yang dipimpin oleh Rani Ulfa Widodo sebagai Ketua Dharma Wanita Persatuan UB mengunjungi berbagai spot urban farming yang dikelola oleh para lansia RW 19 Purwantoro.

Ketua Panitia Kunjungan yakni Diah Krisnawati, SH menjelaskan kunjungan kali ini merupakan bagian dari program Bidang Pendidikan Dharma Wanita Persatuan UB yang menyasar pada bidang Urban Farming.

“Kami melihat bahwa urban farming ini merupakan kegiatan yang memang harus dilakukan saat ini apalagi jika jika kita melihat kondisi iklim yang seperti sekarang,” ungkap Diah Krisnawati.

Menurut alumni Fakultas Hukum UB ini, urban farming menjadi alternatif pemenuhan kebutuhan pangan sehingga pembelajaran urban farming menjadi salah satu kegiatan dari bidang pendidikan di Dharma Wanita Persatuan UB.

“Oleh karena itu saya membawa ibu-ibu pengurus Dharma Wanita Persatuan UB ke Wonosari Go Green dan Glintung Go Green karena untuk dapat menjalankan urban farming itu harus dimulai dengan perubahan mindset gitu dan saya rasa ini cocok sekali dengan yang telah dilaksanakan oleh Pak Bambang Irianto,” ujar Diah Krisnawati, SH.

Kedatangan pengurus Dharma Wanita Persatuan UB ke WNS dan Rumah Prestasi Glintung Go Green (3G) ini disambut meriah oleh para pengurus Wonosari Go Green dan juga perwakilan dari Kampung Semar Arjosari dan warga RW 2 Kelurahan Dinoyo yang merupakan binaan dari Bambang Irianto.

Dalam sambutannya sebelum mengawali kunjungan di WNS dan 3G, Ketua Dharma Wanita Persatuan Universitas Brawijaya yakni Rani Ulfa Widodo menyampaikan apresiasi atas prestasi dan kerja-kerja di bidang lingkungan di Wonosari Go Green dan Glintung Go Green.

Ketua dan Pengurus Dharma Wanita Persatuan Prasetya Universitas Brawijaya (UB) saat berfoto bersama dengan warga WNS, Kampung Semar Arjosari dan warga RW 2 Dinoyo saat berkunjung ke Wonosari Go Green dan Glintung Go Green pagi tadi (Foto : Agus Yuwono)
Ketua dan Pengurus Dharma Wanita Persatuan Universitas Brawijaya (UB) saat berfoto bersama dengan warga WNS, Kampung Semar Arjosari dan warga RW 2 Dinoyo saat berkunjung ke Wonosari Go Green dan Glintung Go Green pagi tadi (Foto : Agus Yuwono)

“Ternyata peran Ir. Bambang Irianto ini ridak hanya di Glintung Go Green (3G) saja, tetapi juga di berbagai kota dan wilayah sekitar 3G seperti Wonosari Go Green, Kampung Semar Arjosari dan lain sebagainya. Saya merasa bangga dan sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan pak Bambang dan warga WNS dan lain sebagainya,” ungkap Rani Ulfa Widodo.

Menurut istri Rektor Universitas Brawijaya ini, yang telah dilakukan Bambang Irianto dalam merubah mindset warga untuk dapar melakukan pembinaan lingkungan dan menerapkan urban farming tidaklah mudah.

“Tidak semua orang memiliki leadership yang kuat, dimana pak Bambang Irianto ini sangat kuat leadershipnya sehingga berbagai kampung yang dibinanya mampu berubah dan sukses mencapai tujuannya. Kita harus belajar dan mencontoh apa yang telah dilakukan oleh pak Bambang Irianto termasuk dengan datang ke lokasi-lokasi binaannya ini,” ujar Rani Ulfa Widodo.

Ditemui di sela-sela menyambut kedatangan rombongan Dharma Wanita Universitas Brawijaya, Pembina Lingkungan Tingkat Nasional asal kota Malang yakni Ir. H. Bambang Irianto menyampaikan kunjungan kali ini sangatlah spesial mengingat Glintung Go Green (3G) telah lama menjadi binaan dari Universitas Brawijaya.

“Ke depan saya bersama-sama kampung binaan saya akan datang ke kampus Universitas Brawijaya untuk bertemu dengan Raktor Universitas Brawijaya selaku pembina dari Glintung Go Green,” pungkas Bambang Irianto. (A.Y)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini