Semakin Banyak Pengguna MCC, Selama Bulan Maret Ini Saja Terjadi Perputaran Ekonomi Lebih Dari 421 Juta

Manager Pemasaran dan Kerjasama MCC, Frishanti Yuan saat melaporkan kegiatan di MCC selama 27 hari bulan Maret 2024 ini dalam kegiatan Town Hall Meeting Kamis kemarin (Foto : Agus Yuwono)
Manager Pemasaran dan Kerjasama MCC, Frishanti Yuan saat melaporkan kegiatan di MCC selama 27 hari bulan Maret 2024 ini dalam kegiatan Town Hall Meeting Kamis kemarin (Foto : Agus Yuwono)

Di MCC telah digelar 581 even dengan total penerima manfaat sebanyak 21.361 orang.

ADADIMALANG.COM | Kota Malang – Keberadaan Malang Creative Center (MCC) sebagai wadah dan tempat kolaborator ekonoi kreatif (ekraf) di kota Malang kian hari makin dirasakan manfaat yang diberikan.

Bagaimana tidak. Dalam kurun waktu 27 hari mulai tangga 1 Maret hingga 27 Maret 2024 diketahui di MCC telah terlaksana 581 kegiatan (even) yang melibatkan komunitas, pelaku ekonomi kreatif hingga pihak swasta.

“Jadi kita berpikir saat memasuki bulan puasa akan terjadi penurunan aktivitas atau kegiatan yang digelar di MCC, namun ternyata tidak. Bahkan dengan total 581 kegatan selama 27 hari di bulan Maret 2024 ini perputaran ekonomi meningkat 50 persen dari sekitar Rp.200 juta menjadi lebih dari Rp.421 juta,” jelas Frishanti Yuan selaku Manager Pemasaran dan Kerjasama MCC.

Menurut perempuan yang akrab disapa Icha ini, peningkatan tersebut terjadi karena ada beberapa kegiatan berskala internasional dan kompetisi yang cukup banyak dilaksanakan di MCC yang sifatnya komersial.

“Memang kegiatan masih didominasi oleh teman-teman komunitas, dan kegiatan masih banyak digelar oleh kelompok mahasiswa ataupun pelajar baik dalam bentuk pertunjukan hingga workshop” jelas Icha dalam kegiatan Town Hall Meeting Kamis sore kemarin (28/03/2024).

Dari total 581 even yang digelar di MCC terbagi dalam 463 kegiatan non komersial dan 118 even komersial dimana dari kegiatan tersebut diketahui ada 21.361 penerima manfaat.

“Jika diakumulasikan hingga saat ini maka di MCC telah digelar 4.774 event, dikunjungi atau melibatkan 3.365 pelaku ekraf dan 202 kolaborator. Dengan total penerima manfaat lebih dari 321.242 orang,. Di MCC tidak hanya banyak-banyakan even atau kegiatan ya, tetapi dari angka ini kita bsa tahu seberapa aktif MCC dan seberapa besar efek keberadaan MCC di Kota Malang ini,” pungkas Icha.

Senada dengan Icha, Direktur MCC yakni Ageng Bagus Armanda menjelaskan kegiatan Town Hall Meeting yang digelar rutin oleh MCC ini berisi laporan terkait kegiatan di MCC dan hal-hal yang terkait di dalamnya.

Direktur MCC, Ageng Bagus Armanda saat memberikan sambutan dalam kegiatan Hall Town Meeting (Foto : Agus Yuwono)
Direktur MCC, Ageng Bagus Armanda saat memberikan sambutan dalam kegiatan Hall Town Meeting (Foto : Agus Yuwono)

“Ini merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban MCC terhadap masyarakat Kota Malang mengingat pembangunan MCC ini menggunakan APBD Kota Malang yang artinya menggunakan uang rakyat kota Malang. Selain itu kegiatan ini juga untuk membentuk pemberdayaan komunitas,” ungkap Arman.

MCC disebutkan Arman telah digadang-gadang sebagai banchmaking atau percontohan yang akan dicontoh oleh Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) dimana berbagai PLUT seIndonesia akan datang berkunjung ke MCC

“Ada sekitar 150 PLUT yang akan datang ke MCC untuk mempelajari pola-pola di MCC dimana rencananya akan ada Menteri Koperasi yang juga akan hadir di bulan ini,” pungkas Arman. (A.Y)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini