FISIP Universitas Brawijaya Kini Resmi Buka Prodi Magister Sains Psikologi

Home | Berita | FISIP Universitas Brawijaya Kini Resmi Buka Prodi Magister Sains Psikologi
FISIP Universitas Brawijaya Kini Resmi Buka Prodi Magister Sains Psikologi

ADADIMALANG.COM | Kampus UB – Berdasarkan pemetaan dan survey yang telah dilakukan sebelumnya, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya (FISIP UB) secara resmi membuka Jurusan Program Studi Magister Sains Psikologi siang hari ini, Rabu (05/06/2024).

“Dari hasil survey yang telah kita lakukan diketahui 99 persen menyatakan akan mendaftar di Magister yang akan kita buka tersebut, yang berarti bahwa prodi ini memang sudah ditunggu-tunggu atau dibutuhkan oleh alumni ataupun masyarakat. Akhirnya hari ini diresmikan oleh Dekan FISIP UB,” ungkap Kepala Jurusan Prodi Magister Sains Psikologi UB, Dr. Sumi Lestari, S.Psi., M.Si.

Magister Sains Psikologi UB yang telah membuka pendaftaran sejak awal bulan Mei 2024 lalu ini menerima lulusan mulai D2 Psikologi dan non psikologi, dimana untuk lulusan non psikologi harus mengikuti kuliah matrikulasi terlebih dahulu.

Peresmian pembukaan Magister Sains Psikologi yang dilakukan oleh Dekan FISIP UB Prof. Anang Sujoko, S.Sos., M.Si., D.COMM., tersebut dilaksanakan di Gedung Widyaloka UB dihadiri oleh para civitas akademika dan juga mahasiswa FISIP UB.

“Nanti di 2025 mendatang akan ada mekanisme akreditasi yang berbeda dengan saat ini dimana nantinya hanya akan ada dua sebutan saja yakni terakreditasi dan tidak terakreditasi. Sehingga harapan saya Prodi Magister Sains Psikologi dapat segera memenuhi akreditasi unggul dan ke akreditasi internasional. Oleh karena itu saya harapkan untuk angkatan pertama ini jangan terlalu banyak,” ungkap Anang Sujoko.

https://youtu.be/IGqIUi1zti0

Ditanya pembeda atau ciri khas yang dimiliki oleh Prodi Magister Sains Psikologi yang baru diresmikan tersebut, Ketua Departemen Psikologi UB, Ali Mashuri, S.Psi., M.Sc., Ph.D. menegaskan inklusifitas menjadi pembeda yang dimiliki oleh Magister Sains Psikologi tersebut. Dan kurikulum yang komprehensif yang meliputi banyak bidang akan menjadi daya tarik bagi para calon mahasiswanya yang berasal dari multi disiplin.

“Dengan fokus pada pemahaman ilmiah yang mendalam, program ini dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa, dalam menghadapi berbagai karir di sektor publik maupun swasta. Serta untuk melanjutkan studi doktoral dalam bidang Psikologi,” ujar Ali.

Dalam sambutannya,Anang Sujoko juga menyampaikan kehadiran Magister Sains Psikologi tersebut merupakan kebanggaan tersendiri karena Departemen Psikologi dapat mengembangkan jenjang yang lebih tinggi yakni S2.

Penerimaan calon mahasiswa baru magister Sains Psikologi Universitas Brawijaya ini dibuka secara online pada tanggal 3 juni 2024 dan berakhir pada tanggal 12 Juli 2024, dimana calon mahasiswa yang memenuhi syarat akan mengikuti tes seleksi pada tanggal 15 hingga 26 Juli 2024 mendatang. (A.Y)

Leave a Reply