Komisi B DPRD Kota Malang Ingin Dispangtan Menjadi Dinas Terdepan

Baca Juga

Plt. Walikota Malang tawari Teh Pucuk Harum Gelar Event Kuliner Skala Nasional di Kota Malang

Kota Malang – Bertempat di lapangan Rampal kota Malang, event festival kuliner ‘Pucuk Coolinary Festival’ dibuka secara resmi sekitar...

1,5 Bulan Ini Naga Menghidupi Ibunya Seorang Diri

Anak 8,5 tahun mengemis untuk hidupi ibunya yang patah tulang korban kecelakaan. ADADIMALANG - Tidak ada yang menyangka bahwa roda...

Organisasi Pemuda Internasional AIESEC lakukan Studi Budaya ke KBP

Mahasiswa Asing mendominasi kunjungan studI budaya AIESEC ke Kampung Budaya Polowijen. Kota Malang - Didominasi oleh mahasiswa asing, orgaanisasi Association...

Rahman Nurmala : kami yakin Ir. Ade Herawanto MT akan mampu membuat inovasi untuk memperkuat ketahanan pangan di kota Malang.

ADADIMALANG – Komisi B DPRD kota Malang melakukan kunjungan kerja dan hearing dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) kota Malang pagi hari tadi, Jumat (19/02/2021).

Dalam kunjungan kerja yang diikuti enam orang anggota DPRD kota Malang tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi B Rahman Nurmala di Swalayan Ikan kota Malang.

“Kami dari Komisi B memang sedang melakukan kunjungan kerja ke dinas-dinas (OPD) dimana hari ini kami berkunjung ke Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) kota Malang,” ungkap Rahman Nurmala.

Dengan pergantian kepemimpinan Dispangtan kota Malang kepada Ir. Ade Herawanto MT menurut Rahman Nurmala akan memberikan sentuhan baru di Dispangtan kota Malang.

“Kami menyambut gembira karena ada pergeseran dimana Kepala Dispangtan dijabat Ir. Ade Herawanto MT yang kami yakini akan dapat menghasilkan inovasi-inovasi baru untuk memperkuat ketahanan pangan di kota Malang ini,” ungkap politisi partai Golkar ini.

Rahman Nurmala mengakui Dispangtan selama ini kurang mendapat perhatian, sehingga Komisi B DPRD kota Malang akan mendorong agar Dispangtan menjadi dinas dengan posisi yang strategis.

“Kami lihat di sini semua potensi yang ada termasuk rekanan, komunitas dan binaan juga dirangkul untuk bersinergi bersama-sama untuk meningkatkan ketahanan pangan. Kami akan terus mengawal, karena ini strategis seharusnya,” pungkas Rahman Nurmala.

Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Malang, Rahman Nurmala

Hal senada juga disampaikan oleh politisi Partai Kebangkitan Bangsa kota Malang Arief Wahyudi yang menyampaikan Dispangtan tidak boleh menjadi dinas yang terbelakang lagi dan harus menjadi nomor satu untuk mewujudkan ketahanan pangan di kota Malang.

“Pertanian modern saat ini juga dapat dilakukan meski dengan lahan yang kecil. Semua masyarakat dengan kelompok usia dari milenial dan yang lainnya perlu dirangkul untuk memperkuat ketahanan pangan melalui program urban farming misalnya,” ungkap Arief Wahyudi.

Peluang memperkuat ketahanan pangan di kota Malang menurut anggota Komisi B yang lain yakni Lookh Mahfud masih cukup besar jika melihat kondisi yang ada di kota Malang dan kota-kota sekitarnya.

“Banyak peluang yang masih dapat dikerjakan seperti pembangunan cooling storage ataupun pembangunan gudang penampung atau penyimpan hasil pertanian yang dapat dipergunakan untuk memperkuat ketahanan pangan di kota Malang,” ungkap Lookh Mahfud.

Menanggapi berbagai masukan dan dukungan yang diberikan, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) kota Malang Ir. Ade Herawanto MT mengapresiasinya.

“Harapan jika direalisasikan akan menjadi dukungan. Terimakasih untuk dukungan yang diberikan khususnya dlaam mewujudkan Urban Farming Arema ini,” ungkap Kepala Dispangtan kota Malang.

Kepala Dispangtan Kota Malang, Ir. Ade Herawanto MT

Dalam mewujudkan ketahanan pangan di kota Malang, Ade menyampaikan dalam paparannya ada beberapa tahapan atau langkah yang perlu dilakukan seperti regulasi, pembiayaan, hingga distribusi, pemasaran dan lain sebagainya.

“Sebagai langkah awal, kami akam menggelar lomba Urban Farming untuk menyemangati OPD dan masyarakat yang juga sudah mulai banyak yang gemar melakukan urban farming di wilayahnya masing-masing,” ungkap pria yang lebih akrab disapa Sam Ade d’Kross ini.

Anggota Komisi B DPRD kota Malang yang melakukan kunjungan kerja ke Dispangtan kota Malang juga sempat terkejut. Pasalnya selain Ir. Ade Herawanto MT sebagai Kepala Dispangtan melakukan paparan, juga telah dihadirkan pelaku urban farming yang telah menjadi binaan Dispangtan, termasuk Pengusaha Internasional dan akademisi yang turut menyampaikan konsep dan peluang yang dapat dikerjakan untuk memperkuat ketahanan pangan di kota Malang.

“Kami juga menerapkan konsep pentahelix dalam menerapkan sinergitas untuk menjalankan program dan kegiatan untuk mewujudkan ketahanan pangan di kota Malang ini,” ungka Ir. Ade Herawanto MT yang beberapa waktu lalu telah menandatangani MoU dengan beberapa pondok pesantren dan pakar pertanian. (A.Y)

- Advertisement -

1 KOMENTAR

  1. Sangat luar biasa Dispangtan menjadi pos terdepan memang seharusnya begitu begitu katena dinas ini akan menjadi penggerak roda pembangunan dan apalagi sdr Ade Herawanto sdh lama saya kenal dan beliau mempunyai kemampuan utk melaksanakan tugas beliau orangnya cekatan dan inovatif

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Berita Terbaru

ITN Malang, Kampus Pertama Di Jawa Yang Membangun Proyek PLTS 500 KWp

ADADIMALANG - Rasanya tidak salah jika kampus Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang terpilih untuk menjadi kampus pertama di Pulau...

Moreno Soeprapto Dukung Penuh Program CSR PT Pertamina Di Kota Malang

Warga mendapat bantuan CSR dari Pertamina untuk renovasi Balai RW. ADADIMALANG – Renovasi Balai RW 7 kelurahan Bareng sudah cukup lama diharapkan. Program CSR (Corporate...

Staycation, Kuliner Hingga Menelusuri Perkebunan Kopi Saat Long Weekend Di Hotel Tugu Malang

Menikmati sajian kuliner Babah Nyonya hingga cita rasa Thailand dan Vietnam selama bulan Maret 2021 ini. ADADIMALANGG - Menyambut bulan Maret 2021 kali ini ada...

Mahasiswa UB Buat Biskuit Ulat Sebagai Solusi Stunting Anak

Meraih medali perak pada ajang AISEEF 2021. ADADIMALANG - Persoalan kekurangan gizi (stunting) yang masih banyak terjadi menjadi salah satu perhatian mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas...

Antisipasi Degradasi Lingkungan, BI Malang Kembangkan Klaster Padi Organik

Melatih Kelompok Petani menguasai teknologi ramah lingkungan. ADADIMALANG - Dengan tujuan untuk mengatasi degradasi lingkungan yang terus menurun akibat akumulasi limbah kimia, Kantor Perwakilan Bank...
- Advertisement -

Berita Terkait

- Advertisement -