Santri Ponpes Darul Hidayah Dibina Menjadi Green Agent oleh Dosen UB

Baca Juga

Plt. Walikota Malang tawari Teh Pucuk Harum Gelar Event Kuliner Skala Nasional di Kota Malang

Kota Malang – Bertempat di lapangan Rampal kota Malang, event festival kuliner ‘Pucuk Coolinary Festival’ dibuka secara resmi sekitar...

1,5 Bulan Ini Naga Menghidupi Ibunya Seorang Diri

Anak 8,5 tahun mengemis untuk hidupi ibunya yang patah tulang korban kecelakaan. ADADIMALANG - Tidak ada yang menyangka bahwa roda...

Organisasi Pemuda Internasional AIESEC lakukan Studi Budaya ke KBP

Mahasiswa Asing mendominasi kunjungan studI budaya AIESEC ke Kampung Budaya Polowijen. Kota Malang - Didominasi oleh mahasiswa asing, orgaanisasi Association...

Menjadi pribadi yang peduli terhadap kebersihan, kesehatan dan lingkungan sekitar.

ADADIMALANG – Dalam rangka program Doktor Mengabdi dari Universitas Brawijaya, Pesantren Darul Hidayah yang ada di jalan Bareng Kartini III/G, kelurahan Kauman kota Malang kedatangan tamu dari Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya (UB).

Pondok Pesantren Darul hidayah yang berada di kawasan padat penduduk dan memiliki santri mondok dari kalangan yatim piatu dan dhuafa ini menjadi lokasi pelaksanaan program Doktor Mengabdi UB.

“Alhamdulillah Pondok Pesantren Darul Hidayah ini mendapatkan kepercayaan dari Universitas Brawijaya untuk menjadi lokasi program Doktor Mengabdi (UB) yang kali ini datang dari fakultas Pertanian UB,” ungkap Pengasuh Ponpes Darul Hidayah, Gus Hisa Al Ayyubi.

Dalam program Doktor Mengabdi tersebut, beberapa dosen dari Fakultas Pertanian UB memberikan pelatihan menanam sayuran hidroponik dan sekaligus memberikan bantuan Fasilitas peralatan dan bibit sayuran.

Hidroponik yang diberikan kepada Pondok Pesantren Darul Hidayah untuk menjadi sarana praktik

“Program Doktor Mengabdi Universitas Brawijaya ini sangat bermanfaat sekali terutama bagi anak-anak santri yang nantinya dapat menanam sayuran secara praktis dan hasilnya nanti dapat dikonsumsi oleh para santri sendiri. Maturnuwun sanget teruntuk Fakultas Pertanian Brawijaya Malang yang sudah berbagi ilmu dan mengajari santri kami sekaligus memberikan fasiltas lengkap untuk bercocok tanam,” ungkap Gus Hisa Al Ayyubi hari ini Minggu kemarin (26/09/2021).

Anggota tim Doktor Mengabdi yakni Dr. Fitria Dina Riana, SP.,MP menjelaskan program Doktor Mengabdi tersebut merupakan salah satu bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat dimana kali ini mengambil tema Menumbuhkembangkan Kepedulian Generasi Muda Di Bidang Pertanian Melalui Gerakan ‘I’m The Green Agent’.

“Untuk program Doktor Mengabdi ini dilakukan oleh beberapa dosen pelaksana antar jurusan atau program studi ataupun fakultas yang di ketuai oleh seorang Doktor dengan tujuan untuk menumbuh kembangkan pribadi yang peduli terhadap kebersihan, kesehatan dan lingkungan sekitar. Selain itu juga untuk menambah dan meningkatkan pemahaman masyarakat terutama santri pondok pesantren tentang peran generasi muda dalam bidang pertanian dan meningkatkan kemampuan praktik santri pondok pesantren dalam melakukan budidaya pertanian di lahan sempit ” ungkap Fitria Dina Riana.

Lebih lanjut, Fitria Dina Riana juga menegaskan kegiatan Doktor Mengabdi juga menginginkan adanya pengembangan peluang ekonomi produktif yang menunjang kegiatan santri melalui budidaya pertanian.

“Kegiatan Doktor Mengabdi di Pondok Pesantren Darul hidayah kota Malang ini dilaksanakan mulai tanggal 1 September 2021 hingga 30 November 2021 yang meliputi pemberian pengetahuan tentang pertanian kota, pemberian motivasi pada generasi muda untuk berperan serta dalam pengembangan pertanian kota dan menjadikan generasi muda sebagai pelopor pertanian kota hingga pelatihan budidaya sayuran secara hidroponik,” ujar perempuan yang akrab disapa Dina ini.

Tujuh orang dari Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya UB terlibat dalam kegiatan Doktor mengabdi di Ponpes yang diasuh Gus Hisa Al Ayyubi tersebut yang meliputi Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani A.R. MS sebagai Ketua tim, Dr. Fitria Dina Riana, SP.,MP, Dr. Ir. Setyono Yudo Tyasmoro, MS, Dr. Fahriyah, SP, MSi, Imaniar Ilmi Pariasa, SP, MP, MBA, Raden Arief Setyawan, ST., MT. dan Dr. Rosihan Asmara, SE., MP.

Tim Doktor Mengabdi UB tersebut sengaja memilih Pondok Pesantren Darul Hidayah dengan alasan pondok pesantren tersebut berada di lokasi yang sangat padat penduduk sehingga membutuhkan solusi untuk dapat melaksanakan kegiatan pertanian produktif di tengah kota atau lahan sempit.

“Program Doktor Mengabdi ini kami laksanakan di pondok pesantren Darul hidayah tersebut maka kami harapkan adanya pemahaman mengenai peran green agent, urban farming, praktik budidaya hidroponik dengan memprioritaskan pemenuhan kebutuhan sehari hari santri dan masyarakat sekitar,” ujar Fitria Dina Riana.

Dengan melaksanakan Doktor Mengabdi yang merupakan perwujudan Pengabdian Kepada Masyarakat sebagai wujud Tri Dharma perguruan tinggi tersebut, maka Universitas Brawijaya sebagai Lembaga Perguruan Tinggi dapat berperan aktif dalam menyebarluaskan ilmu dan pengalaman praktik di bidang pertanian sekaligus meningkatkan sinergitas antara pondok pesantren, masyarakat, lembaga pertanian dan akademisi dalam penyelesaian permasalahan lokal di bidang pertanian,” pungkas . (A.Y)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Berita Terbaru

HUT Kota Batu Ke 20, The Singhasari Resort Beri Hadiah 3 Penghargaan Internasional

3 Penghargaan diraih dari Haute Grandeur Global Hotel Award 2021. ADADIMALANG - Melanjutkan keberhasilan sebelumnya di tahun lalu, The Singhasari...

FISIP UB Turut Serta Dalam Gerakan Nasional Revolusi Mental

Sosialisasikan urgensi vaksinasi kepada masyarakat. ADADIMALANG - Dalam rangka turut menyukseskan Gerakan Nasional Revolusi Mental, Universitas Brawijaya mengambil peran untuk terjun langsung melakukan pendampingan melalui...

Pengalaman Menteri Sandiaga Uno Menginap Di Home Stay Desa Serang Blitar

Mewujudkan mimpi warga untuk mendorong Indonesia bangkit. Blitar ADADIMALANG - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menjadi Menteri pertama yang menginap di Home...

AKBP Budi Hermanto : Jangan Cuma Menerapkan Prokes Saat Petugas Datang Patroli

Tidak ingin mempersulit masyarakat menjalankan usahanya dengan catatan tetap mematuhi protokol kesehatan. ADADIMALANG – Kesadaran masyarakat yang tinggi akan vaksinasi guna mewujudkan kekebalan komunal (herd...

Ulang Tahun ke-15, d’Kross Terus Berkarya Meski Masih Pandemi

Siapkan karya untuk berkolaborasi bersama penyanyi Ibukota. ADADIMALANG - Tepat Hari Minggu ini (17/10/2021), D'Kross Community menginjak usia ke-15 tahun, dimana peringatan Hari Ulang Tahun kali...
- Advertisement -

Berita Terkait