Wouww dan MAC Berikan Pelatihan Keterampilan Khusus untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Penyerahan sertifikat kepada ABK penyandang Autis setelah mengikuti pelatihan Citra Rupa yang digelar oleh Malang Autism Center dan Produsen cat Premium Wouww (Foto : Agus Yuwono)
Penyerahan sertifikat kepada ABK penyandang Autis setelah mengikuti pelatihan Citra Rupa yang digelar oleh Malang Autism Center dan Produsen cat Premium Wouww (Foto : Agus Yuwono)

Pelatihan mengecat dan seni dekoratif diberikan agar para anak autis dapat memiliki kemandirian sosial.

ADADIMALANG.COM | Kota Malang – Sebagai upaya untuk mewujudkan kemandirian sosial bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) penyandang autisme, produsen cat premium Wouww berkolaborasi dengan Malang Autism Center (MAC) menggelar pelatihan RUPA CITRA di Malang dari tanggal 27 Februari 2024 hingga 5 Maret 2024 hari ini.

Dalam pelatihan yang diisi dengan materi dan praktik tentang keterampilan menggunakan cat ini nampak para peserta ABK Autis ini sangat antusias mengikutinya. Selain karena hal tersebut mungkin baru bagi mereka, sebagian peserta ternyata memiliki hobi terkait dengan kegiatan melukis, menggambar ataupun mewarnai.

Di akhir pelaksanaan pelatihan, Wouww dan MAC juga menghadirkan perwakilan dari tiga Pemerintah Daerah di Malang Raya untuk menyaksikan sendiri hasil lukisan para peserta pelatihan Rupa Citra tersebut.

“Melalui pelatihan ini maka akan ada bekal keterampilan yang diberikan kepada penyandang autisme dalam hal mengecat dimana para peserta juga akan memperoleh sertifikat keahlian yang dikeluarkan oleh Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) terkait keterampilan pengecatan dan seni dekoratif,” ungkap Mohammad Cahyadi selaku Founder Malang Autism Center.

Menurut Cahyadi, yang ingin disampaikan kepada masyarakat melalui kegiatan tersebut adalah anak-anak penyandang autis jika diberikan kesempatan, dukungan dan pendampingan terbukti dapat melakukan yang dilatihkan selama beberapa hari ini.

“Dan terbukti di workshop Rupa Citra bersama dengan Wouww ini benar-benar membuktikan bahwa anak-anak autis ternyata dapat melakukan kegiatan-kegiatan yang akhirnya mereka nanti dapat menjadi pekerja seni mural dan juga pekerja cat profesional. Dan hal ini akan mewujudkan kemandirian mereka,” ungkap pria yang akrab disapa pak Chay ini.

Ditanya perihal mural yang dipilih menjadi salah satu materi pelatihan, Cahyadi menegaskan dari beberapa anak autis di MAC ada yang sangat hobi sekali melukis dan sebagian ada yang mewarna dengan sangat rapi.

“Dan terbukti dari 12 anak yang kita ikutkan pelatihan di sini ternyata para trainernya menyatakan mereka berbakat sehingga nantinya akan dilatih lagi agar dapat lebih sempurna untuk menjadi pekerja profesional. Namun semua pelatihan yang kita berikan ini pasti akan membawa dampak kepada perilaku anak-anak,” ungkap Chay.

Ditemui usai kegiatan yang digelar di Malang Creative Center (MCC) ini, Ricky Soesanto selaku Chief Operations Officer sekaligus Founder Wouww menyampaikan dengan pelatihan pengecatan dan seni dekoratif yang dilaksanakan tersebut akan dapat memberikan anak-anak penyandang autis memiliki kesempatan untuk mengembangkan potensi dan mempertemukan keterampilan dengan kebutuhan industri masa kini.

“Jadi saya memang diundang oleh Malang Autism Center dan saya langsung melihat Boarding School di MAC dengan berbagai interaksi bersama anak-anak Autis ternyata saya menemukan mereka memiliki bakat dan potensi yang terpendam. Jadi idenya ini memang spontan karena kami sebagai perusahaan rintisan untuk cat premium sehingga saya menawarkan kolaborasi dengan MAC,” ungkap Ricky.

Usai kegiatan di Malang, rencananya setelah lebaran tahun ini Wouww akan menggelar kegiatan pelatihan serupa di Surabaya dengan jumlah peserta tiga kali lipat dengan jumlah anak autis yang mengikuti di Kota Malang kali ini.

Para pelaksana kegiatan pelatihan Citra Rupa berfoto bersama dengan Perwakilan tiga Pemerintah Daerah di Malang Raya usai pelaksanaan pelatihan di Malang Creative Center (Foto  Agus Yuwono)
Para pelaksana kegiatan pelatihan Citra Rupa berfoto bersama dengan Perwakilan tiga Pemerintah Daerah di Malang Raya usai pelaksanaan pelatihan di Malang Creative Center (Foto Agus Yuwono)

Sementara itu, dalam sambutannya ketiga perwakilan dari Pemerintah Kota Malang, Pemerintah Kota Batu dan Pemerintah Kabupaten Malang menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan kegatan pelatihan Citra Rupa yang dilaksanakan oleh MC dan Wouww. Selanjutnya MAC selaku salah satu institusi yang bergerak dalam bidang pembinaan penyandang Autis di Malang Raya ini diharapkan dapat bersinergi dengan tiga pemerintah daerah di Malang Raya untuk melaksanakan berbagai kerjasama dan program guna pembinaan dan pendampingan penyandang autis di Malang Raya ke depannya. (A.Y)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini